Penyerahan Dokumen Syarat Minimal Dukungan Pasangan Calon Perseorangan Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Tahun 2020

Bappenas Dukung Megawati Soal Pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan

megawati-jpg

 

Jakarta – Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri menilai pemindahan Ibu Kota dari Jakarta ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah adalah hal yang tepat. Pernyataan tersebut mendapat sambutan positif dari Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago.

“Apa yang disampaikan Bu Mega itu kan mencerminkan bahwa Bung Karno sangat visioner. Bayangkan 50 tahun lalu pendiri bangsa sudah dapat membayangkan bahwa beban Jakarta akan seperti ini,” terang Andrianof melalui keterangan tertulis yang diterima detikcom, Jumat (29/5/2015).

“Maka, sekarang saatnya bagi kita membayangkan kira-kira beban Jakarta dalam 25-50 tahun ke depan dari sekarang akan seperti apa?” lanjutnya.

Andrinof menyebut untuk benar-benar merealisasikan wacana itu perlu dilakukan kajian yang lebih dalam dan komprehensif. Selain memiliki lahan yang luas, daerah tersebut harus bebas dari tangan-tangan spekulan alias sebagian lahan harus terlebih dahulu dikuasai negara agar pembangunan kota berjalan sesuai.

Baca Juga :   Peringati Hari Antikorupsi Sedunia, Jaksa Agung: Jaga Integritas

“Dari sisi Amdal juga harus dihitung tingkat resiko banjir dan jaminan ketersediaan air bersih. Kita berharap jika wacana pemindahan ibukota itu terwujud, diharapkan ke depan bisa menjadi tumpuan dan landmark baru di Indonesia,” kata pria lulusan Universitas Indonesia (UI) tersebut.

“Semua opsi masih terbuka untuk dikaji bersama. Prinsipnya Bappenas sejalan dengan gagasan visioner Bung Karno untuk pemindahan ibukota ke luar Jawa,” pungkas Andrinof.

Hal senada juga sebelumnya diungkapkan oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok). Menurutnya, tidak ada masalah apabila ibu kota harus berpindah ke Kalimantan seperti yang dilontarkan oleh Bung Karno.

“Ya Bung Karno, saya sih oke saja. Mau pindah ke Belitung juga boleh,” kata Ahok di Balai Kota DKI, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta.

Baca Juga :   DPD Targetkan RUU Daerah Kepulauan Disahkan 2020

Seperti diketahui, Megawati sempat mengungkit kembali isu perpindahan ibu kota dari Pulau Jawa ke Kalimantan. Menurutnya, ide memindahkan ibu kota tersebut tepat. “Memindahkan ibu kota ke Kalteng saya kira itu tepat,” kata Megawati dalam Kuliah Umum 50 Tahun Lemhanas di Gedung Lemhannas, Jl Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (28/5) lalu.
(aws/imk)

Publisher : Ferdin Ferdin

Avatar
Pewarta Harian Suara Nusantara, www.koransn.com, Mingguan Suara Negeriku.

Lihat Juga

Tim Gabungan: Kepulangan Harun Masiku Tidak Lalui Jalur Khusus

Jakarta, KoranSN Tim gabungan independen yang dibentuk Kementerian Hukum dan HAM mengungkapkan bahwa kepulangan tersangka …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.