Bawaslu Belum Bisa Tertibkan Baliho Kandidat Kepala Daerah



Kurniawan. (foto-ist)

Palembang, KoranSN

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumsel menyatakan belum dapat menertibkan baliho bakal calon kepala daerah yang marak di sejumlah titik di Provinsi Sumsel. Pasalnya, saat ini belum masuk tahapan pemilu.

Demikian diungkapan Pimpinan Bawaslu Sumsel, Kurniawan, Rabu (2/8/2017). Pernyataan ini merupakan jawaban dari aksi sejumlah mahasiswa UIN Raden Fatah sebelumnya yang meminta Bawaslu menertibkan baliho yang bernuansa politik di Sumsel.

“Saat ini kita belum bisa menertibkan baliho tersebut, karena belum masuk wilayah penyelenggara pemilu. Alasannya, baliho bakal calon tersebut belum dapat dipastikan apakah menjadi calon kepala daerah atau belum,” ungkapnya.

Baca Juga :   2 April Pelipatan Kertas Suara Kota Palembang Ditargetkan Selesai (Berita Foto)

“Penertiban baliho politik baru bisa dilakukan setelah masuk tahapan pilkada atau setelah KPU menetapkan calon kepala daerah,” tambah Kurniawan.

Namun katanya, untuk penertiban baliho tersebut bisa saja dilakukan oleh pemerintah daerah masing-masing, karena saat ini, hal itu merupakan kewenangan pemerintah.

“Kita sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah masing-masing. Pemerintah daerah bisa menertibkan itu dengan alasan mengganggu keindahan ataupun menyalahi aturan,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya puluhan mahasiswa UIN Raden Fatah yang tergabung dalam pengurus cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (MPII) menggelar aksi damai di gedung KPU dan Bawaslu Sumsel. Mereka menuntut kedua penyelenggara pemilu untuk menertibkan baliho bakal calon kepala daerah yang dipasang di sejumlah tempat umum dan meminta penyelenggara pemilu untuk netral dalam menjalankan tugasnya di Pilkada serentak tahun 2018 mendatang. (awj)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Angka Kematian Pasien Covid-19 di Palembang Tinggi

Palembang, KoranSN 18 kecamatan di Kota Palembang kini telah dinyatakan zona merah Covid-19. Hal tersebut …