Bawaslu Kepri Libatkan KPK Cegah Gratifikasi Pilkada

Anggota Bawaslu Kepri Indrawan. (foto-antaranews)

Tanjungpinang, KoranSN

Badan Pengawas Pemilu Provinsi Kepulauan Riau akan melibatkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), untuk mencegah gratifikasi dalam penyelenggaraan pilkada 2020.

Anggota Bawaslu Kepri Indrawan, di Tanjungpinang, Minggu (28/6/2020) mengatakan, pilkada harus bebas dari sikap korupsi, kolusi dan nepotisme untuk melahirkan pemimpin sesuai harapan masyarakat.

Karena itu, Bawaslu Kepri berupaya mencegah praktik KKN maupun gratifikasi dalam pelaksanaan tahapan pilkada. Upaya pencegahan praktik kotor dalam pilkada ini harus memberi dampak positif dalam penyelenggaraan pilkada.

Pencegahan gratifikasi dan KKN bukan hanya terhadap penyelenggara pilkada, melainkan juga terhadap sekretariat Bawaslu dan KPU di Kepri.

Baca Juga :   Pencuri Kambing di Prabumulih Timur Dihajar Massa

“Potensi gratifikasi cukup besar sehingga perlu dicegah sejak dini,” katanya.

Upaya yang dilakukan berupa sosialisasi melalui webinar yang menghadirkan Direktur Pencegahan Gratifikasi KPK dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) sebagai narasumber.

Kegiatan webinar itu diselenggarakan pada 2 Juli 2020 pukul 09.00 WIB, yang diikuti oleh seluruh penyelenggara pemilu di Kepri.

“Kami berharap webinar ini tidak hanya menambah wawasan penyelenggara dan staf kesektariatan di dalam organisasi Bawaslu dan KPU di Kepri, melainkan benteng untuk terhindar dari perbuatan melawan hukum tersebut,” tegasnya.

Indrawan juga mengingatkan seluruh penyelenggara pilkada di Kepri untuk lebih berhati-hati dalam melaksanakan tugasnya di masa pandemi COVID-19. Salah satu yang harus diperhatikan yakni penyenggaraan pilkada dengan menaati protokol kesehatan.

Baca Juga :   Oknum PNS di Lahat Kedapatan Membawa Narkoba

“Kami tidak hanya mengawasi penyelenggaraan pilkada, melainkan juga ketaatan penyelenggara pilkada dalam mematuhi protokol kesehatan. Jika tidak dipatuhi, maka termasuk pelanggaran administrasi,” katanya. (Antara/ded)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

KPK Panggil Dua Kadis Pemkab Indramayu Saksi Tersangka ARM

Jakarta, KoranSN Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jumat (27/11/2020) memanggil dua kepala dinas (kadis) Pemerintah Kabupaten …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.