Bawaslu OKI Buka Pendaftaran Rekrutmen PKD untuk Pilkada 2024







Komisioner Badan Pengawas Pemilihan Umum OKI saat menginterview Calon Paswascam beberapa waktu lalu. (Foto-Maniso/KoranSN)

Kayuagung, KoranSN

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Ogan Komering Ilir (OKI) memulai tahapan perekrutan Panwaslu Kelurahan Desa (PKD) untuk Pilkada 2024. Pendaftaran calon PKD telah dibuka 18 Mei 2024 hingga 21 Mei 2024. Calon PKD dapat memantau sosial media Bawaslu OKI untuk memenuhi persyaratan berkas. Demikian dikatakan Ketua Bawaslu OKI Romi Maradona SHI, Sabtu (18/5/2024).

Romi menjelaskan, Bawaslu OKI menjalankan perekrutan PKD sebagaimana Keputusan Ketua Bawaslu RI Nomor 215/HK.01.01/K1/05/2024 tentang pedoman pelaksanaan pembentukan Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kelurahan/Desa untuk Pemilihan Umum Kepala Daerah serentak Tahun 2024.

“Penerimaan berkas pendaftaran langsung di Kantor Bawaslu OKI atau pendaftar bisa mengirimkan berkas via email. PKD akan ditempatkan di setiap desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten OKI,” terangnya. Menurutnya, calon PKD diharuskan mengisi formulir dan memenuhi persyaratan yang telah diatur.

Ia merincikan, syarat calon PKD secara umum berupa berdomisili di kecamatan setempat, lulusan SMA/sederajat, usia minimal 21 tahun. Syarat lainnya yang harus dipenuhi yakni harus WNI dan setia kepada Pancasila sebagai dasar negara, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika, dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945.

Baca Juga :   Sisi Lain Angbara di PALI

Mempunyai integritas, berkepribadian yang kuat, jujur, dan adil. Memiliki kemampuan dan keahlian yang berkaitan dengan Penyelenggaraan Pemilu, ketatanegaraan, kepartaian, dan pengawasan Pemilu, mampu secara jasmani, rohani dan bebas dari penyalahgunaan narkotika, mengundurkan diri dari keanggotaan partai politik sekurang-kurangnya 5 tahun pada saat mendaftar sebagai calon.  HALAMAN SELANJUTNYA>>







Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Polres Muara Enim Gelar Pertandingan Gaplek Meriahkan HUT Bhayangkara ke-78

Muara Enim, KoranSN Dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara ke-78, Polres Muara Enim menggelar pertandingan gaplek …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!