Bawaslu Petakan Tiga Daerah Rawan

Ketua Bawaslu Sumsel Junaidi saat diwawancarai sejumlah wartawan. (foto-anton/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumsel mengungkap tiga daerah yang dinilai rawan pada pilkada serentak, 27 Juni mendatang. Kota Palembang, Kabupaten Empat Lawang dan Muratara masuk dalam peta daerah rawan oleh penyelenggara pemilu tersebut.

Ketua Bawaslu Sumsel Junaidi mengatakan, meski dipetakan sebagai daerah rawan, ia berharap selama pelaksanaannya nanti, pelaksanaan pesta demokrasi di tiga daerah tersebut tetap berjalan kondusif.

Ia menuturkan, Bawaslu memiliki parameter sendiri dalam memetakan daerah rawan. Parameter menentukan daerah itu rawan atau tidak rawan, dilihat dari kontestasi, angka partisipasi, dan penyelenggara pemilu.

“Jadi menurut data Bawaslu, yang tertinggi rawan Pilkada yaitu Kabupaten Empat Lawang, Kabupaten Muratara dan Kota Palembang,” ungkap Junaidi usai menghadiri Raker persiapan kampanye pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2018 di Hotel Horison Ultima, Rabu (31/1/2018).

Lanjutnya, untuk daerah yang dinilai rawan tersebut, Bawaslu akan menyiapkan saksi lebih banyak dari daerah yang dinilai biasa.

“Jadi pengawasan daerah-daerah rawan, dengan menyiapkan saksi untuk setiap TPS minimal 2 pengawas, kalau daerah biasa 1, dan memang ini beda perlakuannya,” ungkap Junaidi.

Baca Juga :   Dua Perusahaan Asing Investasikan Rp 7,3 T Untuk Palembang

Pernyataan soal daerah rawan versi Bawaslu ini berbeda dengan pernyataan Kapolda Sumsel sebelumnya. Menurut Kapolda tiga daerah rawan pada pilkada serentak nanti, yakni Pagaralam, Lubuklinggau dan Empat Lawang.

“Pernyataan Pak Kapolda Sumsel mungkin akan jadi input bagi kita. Nanti kita akan koordinasi dengan Polda, apa dasarnya menetapkan Pagar Alam dan Lubuk Linggau daerah rawan, karena saya pernah disana dan perasaan adem-adem saja, tapi kita tidak tahu kalau ada parameter yang baru,” pungkasnya. (awj)







Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Kemenkumham Sumsel Berikan Remisi Khusus Hari Anak Nasional Kepada 94 Anak Binaan

Palembang, KoranSN Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Selatan menyatakan sebanyak 94 anak binaan mendapatkan remisi khusus …

error: Content is protected !!