Berantas Radikalisme dan Terorisme Polda Sumsel MoU Dengan 11 Elemen



Kapolda Sumsel, Irjen Pol Agung Budi Maryoto. (Foto-Dokumen/Dedy/Koransn)

Palembang, KoranSN

Polda Sumsel telah melakukan penandatanganan kesepakatan bersama (MoU) dengan 11 elemen di Sumsel. Hal ini dilakukan untuk memberantas dan mengantisipasi radikalisme dan terorisme, adapun ke 11 elemen tersebut diantaranya, Ormas, Forum Kerukunan Umat Beragama, Kemenag, Kemenkumham dan BIN Daerah.

Hal tersebut dikatakan Kapolda Sumsel, Irjen Pol Agung Budi Maryoto didampingi Dir Intelkam Polda Sumsel, Kombes Pol Slamet Haryadi, Jumat (4/8/2017) di Mapolda Sumsel.

Diungkapkan Kapolda, Mou tersebut bertujuan untuk menyamakan persepsi dalam pemberantasan, pencegahan radikalisme dan terorisme. Selain itu juga untuk mensosialisasi Undang-Undang Radikalisme dan Diradikalisasi serta untuk saling menukar informasi.

Baca Juga :   Hari Ini 4 Kapolres di Sumsel Dilantik

“Jadi intinya MoU ini untuk memberantas radikalisme dan terorisme agar jangan sampai muncul ke permukaan. Bahkan dengan MoU kita dapat secara bersama-sama memberantas dan mengantisipasinya,” jelasnya.

Menurutnya, adapun antisipasi yang dilakukan diantaranya seperti melakukan pengawasan secara bersama-sama kepada tiga warga binaan, yang saat ini tahannya ditempatkan di Lapas yang ada di Sumsel.

“Ini dilakukan agar jangan sampai ketiga warga binaan tersebut dapat mempengaruhi warga binaan lainnya. Bukan hanya itu, enam narapidana (Napi) kasus teroris yang sudah bebas di Sumsel juga terus dilakukan pengawasan dan pemantauan,” tegasnya.

Baca Juga :   Palembang Bank SumselBabel Optimis Menang

Lebih jauh ia menilai, meskipun Sumsel masih aman namun radikalisme dan terorisme bisa saja dapat muncul. Apalagi di Sumsel banyak terdapat senjata api rakitan.

“Oleh karena itu perlu dilakukan antisipasi. Selain itu kita juga mengajak masyarakat agar dapat ikut memberantasnya dengan memberikan informasi,” pungkasnya. (ded)

Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Rakor Penyerapan Anggaran Penanganan Covid-19, Polda Sumsel Siap Lakukan Pengawasan

Palembang, KoranSN Polda Sumsel siap melakukan pengawasan terkait penggunaan anggaran Covid-19. Hal tersebut terungkap saat …