Berkas 4 Tersangka OTT Disdik Sumsel Masih Diteliti Jaksa



Kabid Humas Polda Sumsel, AKBP Slamet Widodo. (foto-humas polda sumsel)

Palembang, KoranSN

Hingga saat ini berkas perkara empat tersangka kasus Operasi Tangkap Tangan (OTT) Dinas Pendidikan (Disdik) Sumsel yang telah dilimpahkan Polda Sumsel ke Kejati Sumsel masih diteliti oleh jaksa. Demikian dikatakan Kabid Humas Polda Sumsel, AKBP Slamet Widodo, Senin (16/10/2017).

Menurut Slamet, adapun keempat tersangka tersebut yakni; Kabid Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (PTK) Disdik Sumsel berinisial ‘SE’, Kasi PTK SMA, ‘K’ serta dua orang staf PTK SMA Disdik Sumsel berinisial, ‘A’ dan ‘W’. Pelimpahan berkas perkara para tersangka yang telah dilakukan belum lama ini, karena penyidik menilai berkas tersebut sudah lengkap makanya berkas di limpahkan ke jaksa untuk diteliti.

“Jadi berkas perkara empat tersangka OTT Disdik Sumsel yang sudah kita limpahkan ke Kejati Sumsel, saat ini berkasnya masih di jaksa dan masih diteliti oleh jaksa,” jelasnya.

Masih dikatakan Slamet, apabila nanti hasil penelitian tersebut jaksa menyatakan berkas perkara lengkap (P21), barulah Polda Sumsel melakukan tahap kedua yakni pelimpahan tersangka dan barang buktinya.

Baca Juga :   Paman Nyaris Perkosa Ponakan, Sudah Lama Tergiur Kemolekan Korban

“Sebab untuk pelimpahan berkas perkara yang dilakukan ke jaksa baru tahap satu, saat ini kita masih menunggu berkas dinyatakan lengkap. Setelah itu, barulah dilakukan tahap keduanya,” tandasnya.

Diketahui, dugaan kasus ini terungkap setelah Satgas Saber Pungli Polda Sumsel, Kamis 20 Juli 2017 melakukan OTT di Dinas Pendidikan Sumsel. Dari OTT tersebut penyidik menetapkan keempat tersangka. Bahkan dalam dugaan kasus ini, penyidik telah dua kali memeriksa Kepala Dinas Pendidikan Sumsel, Widodo sebagai saksi.

Pemeriksaan Widodo yang pertama dilakukan, Rabu 26 Juli 2017 oleh penyidik Satgas Saber Pungli Polda Sumsel. Sedangkan untuk pemeriksaan yang kedua dilakukan Rabu 9 Agustus 2017, dimana saat itu Widodo diperiksa sebagai saksi oleh penyidik Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Ditreskrimsus Polda Sumsel.

Baca Juga :   KPK Panggil 11 Saksi Kasus Suap Pengesahan RAPBD Jambi

Sebelumnya Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Sumsel, Kombes Pol Rudi Setiawan telah menegaskan, jika pihaknya telah melimpahkan berkas perkara keempat tersangka kasus OTT Disdik Sumsel ke Kejati Sumsel. Pelimpahan berkas perkara dilakukan karena penyidik Polda Sumsel menilai berkas tersebut sudah lengkap.

“Pelimpahan berkas perkara keempat tersangka OTT dugaan Pungli sertifikasi guru di Disdik Sumsel, Jumat 8 September 2017 sudah kita limpahkan ke Kejati Sumsel,” ungkapnya.

Masih dikatakan Rudi, pelimpahan berkas tersebut merupakan tahap ke satu dalam perkara ini. Apabila nantinya jaksa Kejati Sumsel menyatakan berkas perkara lengkap (P21) maka pihaknya akan melakukan tahap kedua.

“Dalam dugaan kasus ini keempat tersangka disangkakan Pasal 12 huruf (B) dan atau Pasal 11 Undang-Undang No 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan Undang-Undang No 20 tahun 2001 tentang tindak pidana gratifikasi,” tandas Rudi. (ded)



Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

JPU: Setoran Rp 20 Miliar ke Rekening Andhi Pramono Tak Ada Identitas

Jakarta, KoranSN Jaksa Penuntut Umum Komisi Pemberantasan Korupsi (JPU KPK) mengungkapkan sebanyak Rp 20 miliar …

error: Content is protected !!