Berkunjung ke Museum Layang-Layang di Pojokan Jakarta Selatan





Suasana museum

Bangunan museum yang berdiri di atas lahan seluas 2.750 m2 ini banyak dipenuhi pohon yang rimbun dengan bangunan bergaya arsitektur Bali dan Jawa, sehingga suasana yang asri tampak jelas dan para pengunjung merasa tidak sedang berada di Selatan Ibu Kota Jakarta.

Museum yang diresmikan oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata I Gede Ardika pada 21 Maret 2003 itu, menjadikan museum layang-layang pertama yang ada di Indonesia.

“Hadirnya Museum Layang-Layang ini untuk melestarikan khasanah budaya Indonesia melalui karya seni layang-layang,” kata Asep.

Sebelum berdiri sebagai museum, pemilik yang bernama Endang W Puspoyo awalnya fokus pada bidang kecantikan. Endang juga lebih dahulu membuka galeri layang-layang. Kebetulan, Endang memang sangat gemar dan senang dengan dunia layang-layang.
Pada 1990-an, Endang sering mengundang para seniman layang-layang dari berbagai daerah untuk mengikuti festival guna menghidupkan seni layang-layang di Indonesia.

Baca Juga :   Penutupan Sementara Kawasan Wisata Danau Kelimutu Diperpanjang

Dari para seniman itulah Endang banyak mendapatkan layang-layang, mereka yang datang banyak menyumbangkan untuk dipajang di museum dan ada juga yang menjual hasil karya seni mereka setelah festival itu berakhir.

“Mereka yang ikut festival itu, tidak semua layangannya dibawa pulang, ada yang dijual untuk ongkos balik dan ada juga yang disumbangkan untuk dipajang di galeri,” ucap Asep.

“Seiring bertambah banyaknya layang-layang tersebut, ibu Endang lalu punya ide untuk membuka museum ini,” tambah dia. HALAMAN SELANJUTNYA>>

Baca Juga :   Pengelola Ragunan Pastikan Pemeliharaan Satwa Tetap Berjalan Saat PPKM





Publisher : Apriandi

Lihat Juga

BIN dan Pemuda Papua Promosikan Desa Wisata di Fakfak

Jakarta, KoranSN Badan Intelijen Negara (BIN) dan Papua Muda Inspiratif (PMI) terus mempromosikan desa-desa wisata …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!