BI Sebut Keberhasilan Pengendalian Inflasi di Kepri Berkat GNPIPP



Ilustrasi – Seorang warga saat berbelanja bahan kebutuhan pangan di pasar tradisional di Kota Batam, Kepri (Foto-Antara)

Batam, KoranSN

Bank Indonesia menyebutkan keberhasilan pengendalian inflasi di wilayah Provinsi Kepri, satu di antaranya berkat pelaksanaan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP).

Deputi Kepala Perwakilan BI Provinsi Kepri Adidoyo Prakoso, di Batam, Kamis (30/11/2023) mengatakan program GNPIP Kepri 2023 mengusung tujuh program unggulan dalam kerangka 4K, yaitu keterjangkauan harga, kelancaran distribusi, ketersediaan pasokan dan komunikasi yang efektif.

Ia menyampaikan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), di level provinsi dan kabupaten/kota, satgas pangan, asosiasi, pelaku usaha dan pihak terkait turut berperan aktif dalam mengendalikan inflasi di daerah, khususnya dalam mendukung GNPIP sehingga inflasi bisa terkendali di level yang rendah dan stabil.

“Pencapaian ini tidak terlepas dari sinergi yang erat dan koordinasi kebijakan seluruh pemangku kepentingan melalui  TPID dengan program GNPIP yang berkontribusi kuat pada terkendalinya inflasi,” kata Adidoyo.

Ia menjelaskan hingga Oktober 2023, perkembangan Indeks Harga Konsumen (IHK) gabungan 2 kota di Provinsi Kepri mengalami inflasi sebesar 0,33 persen (mtm) atau sebesar 1,54 persen (year-to-date) dan tercatat sebagai inflasi tahun kalender peringkat ketujuh terendah se-Indonesia.HALAMAN SELANJUTNYA>>

Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Kementan Siapkan Lahan Sumsel Jadi Penyangga Pangan Demi Tekan Impor

Jakarta, KoranSN Kementerian Pertanian (Kementan) menyiapkan lahan rawa di Sumatera Selatan (Sumsel) untuk dijadikan sebagai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!