Biden Umumkan “Era Baru” Hubungan AS-ASEAN



Presiden Joko Widodo (kanan) saat mengikuti working lunch bersama Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris (kiri) dalam rangkaian acara Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN-AS di Departemen Luar Negeri AS, Washington DC, AS, Jumat (13/5/2022) waktu setempat. (Foto-Antara)

Washington, KoranSN

Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengumumkan “era baru” dalam hubungan AS dengan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN).

Pada hari pertama Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-AS yang berlangsung di Washington pada Jumat (14/5/2022), Biden mengatakan banyak sejarah dunia dalam 50 tahun ke depan akan ditulis di negara-negara ASEAN dan bahwa hubungan ASEAN-AS adalah masa depan.

Baca Juga :   Enam Negara Eropa Kirim Pakar Siber Bantu Ukraina Hadapi Ancaman Rusia

“Kita meluncurkan era baru dalam hubungan AS-ASEAN,” kata Biden.

Pemerintahan Biden berharap upaya itu akan menunjukkan bahwa Washington tetap fokus pada Indo-Pasifik dan tantangan jangka panjang China, yang dipandangnya sebagai pesaing utamanya, terlepas dari krisis di Ukraina.

Sebelumnya, Wakil Presiden AS Kamala Harris mengatakan kepada para pemimpin ASEAN bahwa AS akan tetap berada di kawasan itu selama beberapa generasi dan menekankan perlunya mempertahankan kebebasan laut, yang menurut Washington ditentang oleh China. HALAMAN SELANJUTNYA>>

Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Cegah Penangkapan Rusia, Ukraina Mungkin Akan Tarik Pasukan Dari Timur

Kiev/Popasna, KoranSN Pasukan Ukraina mungkin harus ditarik mundur dari medan pertempuran di wilayah Luhansk untuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.