BIG Rilis Hasil Investigasi Sungai Cidurian Kerap Akibatkan Banjir





Peta yang menunjukkan bahwa kemungkinan akan terbentuknya Danau Tapal Kuda (Oxbowe Lake) di aliran Sungai Cidurian, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (Foto/Antara)

Cibinong, Bogor, KoranSN

Badan Informasi Geospasial (BIG) merilis hasil investigasinya terhadap aliran Sungai Cidurian yang kerap mengakibatkan banjir di empat kecamatan Kabupaten Bogor, Jawa Barat, yakni Cigudeg, Jasinga, Nanggung, dan Sukajaya.

“Berdasarkan analisa citra satelit berkala, didapatkan fakta bahwa telah terjadi perubahan alur sungai di Desa Kalongsawah, Kecamatan Jasinga pada 2020. Hasil citra temporal pada 2019 menggambarkan adanya perubahan aliran signifikan dalam rentang Desember 2019 sampai Agustus 2020,” ungkap Koordinator Bidang Pemetaan Kebencanaan dan Perubahan Iklim BIG, Ferrari Pinem dalam keterangan tertulisnya, Rabu (15/9/2021).

Baca Juga :   Situs Liyangan Temanggung Jadi Prioritas Penanganan Ditjen Kebudayaan

Menurut dia investigasi yang juga dilakukan dengan pengamatan langsung di lapangan, menunjukkan bahwa telah terjadi pembentukan aliran baru dari Sungai Cidurian. Aliran sungai baru tersebut disebabkan adanya bendungan irigasi yang diduga jebol akibat tidak kuat menahan aliran dengan debit kencang. HALAMAN SELANJUTNYA>>

Bagikan :

Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Satgas TNI Beri Bimbingan Belajar Anak di Perbatasan RI-PNG

Keerom, KoranSN Prajurit TNI Satgas Pamtas RI-Papua Nugini (PNG) Yonif Mekanis 512/QY memberikan bimbingan belajar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.