Bikar Inovasi Tingkatkan Ekonomi Petani Karet

Bupati Muba Dodi Reza Alex dan istri tengah mencicipi kerupuk biji karet. (foto-humas muba)

Sekayu, KoranSN

Di saat lemahnya harga karet di pasar, tidak membuat warga Kabupaten Musi Banyuasin yang mayoritas sebagai petani karet patah arang dan tetap mencari bagaimana menambah pendapatan perkapita yang akan menghasilkan, salah satunya mengolah biji karet menjadi kerupuk.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Kominfo Muba, Herryandi Sinulingga AP, kemarin.

“Seperti yang dilakukan oleh kelompok PKK Muba bersama BUMDes Citra Muda Mandiri, Desa Supat Barat Kecamatan Babat Supat yang mengolah biji karet menjadi kerupuk biji karet (Bikar),” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Muba Hj Erini Muthia Yufada menuturkan kelompok PKK Supat Barat bekerjasama dengan BUMDes Citra Muda Mandiri ini lahir sebagai bentuk ekonomi kreatif di desa.

Baca Juga :   Wabup Muba Dorong Warga Maksimalkan Pengelolaan Hutan Desa Kepayang

“Di mana kelompok PKK Desa Supat Barat selaku produsen yang tetap menjaga kualitas produk dan BUMDes Citra Muda Mandiri sebagai ujung tombak pemasaran, semoga sinergi ini dapat menciptakan ekonomi yang merata dan berkelanjutan,” ujarnya.

Lanjutnya, produk Bikar ini juga sudah melalui uji lab kesehatan, mengandung minyak nabati yang tinggi dan memiliki asam lemak tak jenuh tinggi pula, sehingga produk tersebut menjadi produk sehat untuk dikonsumsi.

Sedangkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Richard Cahyadi mengatakan, Bikar adalah inovasi baru yang dilakukan masyarakat untuk mengolah dan menikmati biji karet menjadi karet

Baca Juga :   Waspada Corona, BPBD dan Polres Muba Semprot Disinfektan di Ruas Jalan Protokol dan Fasum

“Ini (produksi Bikar) juga merupakan program nyata, solusi bagi kita bersama warga untuk menekan angka kemsikinan di Musi Banyuasin,” ucap Richard.

Perlu diketahui Bikar memiliki varian rasa original dan rasa pedas. Bikar juga lahir untuk membuat makanan cemilan sehat bagi anak-anak dan dewasa.

“Kerupuk biji karet ini juga dipasarkan secara online, dan telah memiliki akun di beberapa sosial media, diantaranya, akun Instagram @Supbar_ , Shoope dengan nama Biikar, dan melalui akun WhatsApp 081274514800,” pungkas Richard. (tri)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

DRA Usulkan Pembangunan Jalan Provinsi Gunakan Aspal Karet Muba

Sekayu, KoranSN Operasional pabrik aspal karet di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) yang akan berjalan pada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.