BNN Sumsel Amankan 2000 Ekstasi dan 1/2 Kg Sabu Asal Medan





BNN SUMSEL

Palembang, koransn- Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumsel, Minggu dini hari (21/8/2016) Pukul 03.00 WIB mengamankan 2000 butir lebih ekstasi dan lima paket besar sabu seberat 500 gram lebih atau 1/2 Kg yang akan diedarkan di Kota Palembang.

Narkoba dalam jumlah besar itu diamankan dari tangan kurir asal Medan bernama Yusmar Elfan (42), saat tersangka bersama rekannya ‘B’ (DPO) hendak mengirimkan narkoba tersebut ke pemasannya.

Dalam gelar tersangka dan barang bukti, Selasa (23/8/2016), Kepala BNNP Sumsel Brigjen Pol Iswandi Hari didampingi Kabid Pemberantasan Narkoba AKBP Minal Alkarhi mengatakan, penangkapan terhadap tersangka yang tercatat sebagai warga Jalan Titi Pahlawan Gang Pringgan Lingkungan 08 Kelurahan Paya Pasir Kecamatan Medan Marelan Kota Medan Sumut ini bermula, Sabtu malam (20/8/2016) sekitar pukul 21.00 WIB saat pihaknya mendapatkan informasi dari masyarakat terkait adanya pengiriman ekstasi dan sabu dari Medan menuju Palembang.

Kemudian petugas BNNP Sumsel langsung menanggapi informasi tersebut dengan menerjunkan anggota berpakaian preman memantau daerah perbatasan masuk ke Kota Palembang.

Ketika mobil Anvanza warna hitam yang dikendarai tersangka Yusmar Elfan bersama satu rekannya ‘B’ melintasi Jalan Letjend Harun Sohar KM 9 Kecamatan Sukarami Tanjung Api-api Palembang, petugas langsung memberhentikan mobil tersebut lalu melakukan penggeledahan.

Baca Juga :   Penasehat Hukum Minta Hakim Buka 5 Rekening Alex Noerdin dan Istri yang Diblokir

“Saat digeledah kita menemukan barang bukti 2000 butir lebih ekstasi dan lima paket besar sabu seberat 500 gram lebih atau 1/2 Kg disembunyikan tersangka di bawah jok bangku belakang mobil. Bahkan dalam penangkapan ini petugas BNNP Sumsel terpaksa mengeluarkan tembakan, karena satu rekan tersangka yakni ‘B’  meloloskan diri dari kepungan petugas BNNP Sumsel,” jelas Iswandi.

Dilanjutkannya, meskipun ‘B’ berhasil meloloskan diri sampai saat ini BNNP Sumsel terus melakukan pengejaran, karena diduga keberadaan ‘B’ masih dalam wilayah Sumsel dan tak bisa bergerak banyak lantaran saat penangkapan, ‘B’ diduga terkena tembakan petugas.

“Saya minta agar tersangka ‘B’ segera menyerahkan diri ke BNNP Sumsel, sebab anggota kita sampai kini masih melakukan pengejaran,” tegasnya.Menurut Iswandi, pengiriman narkoba yang dilakukan tersangka diperkirakan sudah kesekian kalinya. Selain itu dengan tertangkapnya tersangka dirinya menduga ada seseorang di Palembang yang sengaja meminta pasokan narkoba dari Medan untuk diedarkan ke Palembang.

Baca Juga :   Kawanan Jambret Terancam 6 Tahun Penjara

“Kasus ini terus kita kembangkan untuk mengungkap siapa yang memesan ribuan ekstasi dan sabu dalam jumlah besar dari Medan ini,” ungkapnya.
Atas perbuatannya, lanjut Iswandi, tersangka Yusmar Elfan bisa dijerat Pasal 114 ayat (2) dan Pasal 112 ayat (2) UU RI No 35 tahun 2009 tentang Narkotika yang ancaman hukumannya bisa seumur hidup atau hukuman mati.

“Selain barang bukti 2000 ekstasi dan 1/2 Kg sabu, kita juga mengamankan satu unit mobil Avanza warna hitam yang digunakan tersangka untuk melakukan pengiriman narkoba tersebut. Selain itu kita juga mengamankan satu unit HP milik tersangka yang diduga digunakan dalam bertransaksi,” tandasnya (den)





Publisher : Fitriyanti

Lihat Juga

Pengedar Sabu di Pagaralam Diringkus

Pagaralam, KoranSN Satuan Reserse (Satres) Narkoba Pagaralam membekuk Agung (20), seorang pengedar sabu-sabu yang tinggal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!