BNPP-Kominfo Kelola Tugu Pos Merah Putih Simbol Negara di Perbatasan







Dengan garis pantai yang mencapai 108.000 km, negara ini telah menetapkan 111 Pulau-Pulau Kecil Terluar (PPKT) yang menjadi titik dasar dalam menentukan batas maritim, termasuk batas teritorial dan yurisdiksi.

“PPKT adalah bagian penting dari kedaulatan negara. Dalam PPKT, terdapat beberapa sarana prasarana (sarpras) yang dibangun oleh Pemerintah untuk mengamankan keberadaan pulau dan menjadi simbol hadirnya negara,” jelasnya.

Salah satu simbol kehadiran negara di PPKT adalah Tugu Pos Merah Putih. Bangunan ini, yang tinggi dan berwarna khas merah putih dengan informasi kode pos dan administrasi wilayahnya, telah menjadi ciri khas yang mudah dikenali dan sering dijadikan sebagai latar belakang dokumentasi kegiatan di pulau.

Sementara itu, Ketua Tim Kerja Pengelola Tata Usaha Direktorat Pos, Tjahyadi mengungkapkan bahwa dari 95 Tugu Pos Merah Putih yang telah diinventarisasi oleh Kominfo pada tahun 2023 masih terdapat 9 tugu yang belum teridentifikasi secara langsung.

“Mengenai 9 tugu di PPKT yang masih belum teridentifikasi, kami mengharapkan adanya data dari BNPP yang dapat dijadikan sebagai sumber informasi,” ujar Tjahyadi. HALAMAN SELANJUTNYA>>







Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Puncak Peringatan Hari Kekayaan Intelektual 2024, Kanwil Kemenkumham Sumsel Hadiri Forum Indikasi Geografis Nasional

Jakarta, KoranSN Mewakili Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Ika Ahyani Kurniawati …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!