Bocah SD Termukan Senjata Otomatis Peninggalan Belanda

senjata  mesin otomatis yang ditemukan warga Cinta Kasih saat diamankan di Mapolsek Gunung

Muara Enim, SN
Warga Desa Cinta Kasih Kecamatan Belimbing Kabupaten Muara Enim menemukan potongan bekas senjata otomatis yang diduga peninggalan zaman Belanda, Senin (6/7) sekitar pukul 17.00 WIB.

Warga yang menemukan benda tersebut adalah Jeni Saputra (12) seorang bocah kelas VI SD di Cinta Kasih yang saat itu sedang mencari barang rongsokan di pinggir Sungai Petapa yang memang dikeruk tanahnya.

Jeni sangat terkejut saat menarik benda besi serupa pipa dari lumpur kerukan, ternyata itu adalah bagian dari senapan tersebut. Jeni kemudian memberitahukan temuan tersebut kepada warga sekitar dan langsung menghubungi kepala desa Cinta Kasih.

Kepala Desa Cinta Kasih Samson Ali membenarkan adanya temuan tersebut. Menurutnya, temuan tersebut sempat membuat kaget dan heboh warga, apalagi awalnya dikatakan jika yang ditemukan tersebut adalah granat aktif.

Baca Juga :   Forkompinda, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama Pagaralam Sepakat Atasi Kamtibmas Bersama

Rupanya, setelah dicek diduga benda tersebut adalah bekas senapan mesin pada zaman perang, apakah zaman Belanda atau pada zaman penjajahan Jepang. Namun pihaknya langsung menyerahkan temuan tersebut ke Pos polisi Polsek Genung Megang.

Kapolres Muara Enim, AKBP Nuryanto melalui Kapolsek Gunung Megang AKP Indra Kusuma membenarkan adanya penemuan dan serahan benda yang diduga adalah senjata otomatis atau senjata api mesin peninggalan zaman penjajahan dahulu.

Melihat dari bentuk dan cirinya menurut Indra, kemungkinan senjata tersebut adalah senjata api otomatis type RPD.

Baca Juga :   Polres Banyuasin Bongkar Jaringan Penjual Bibit Aspal dan Jamu Kuat

“Kalau melihat bentuk dan cirinya kemungkinan type RPD,” jelasnya.

Ia memastikan senjata tersebut sudah tidak bisa difungsikan lagi. Karena bagian yang ada tinggal hanya beberapa potongan saja.

“Saya berharap jika ada lagi warga yang menemukan benda-benda yang mencurigakan semisal potongan senjata api atau bahan peledak yang bisa membahayakan, untuk segara melaporkan kepada pihak berwajib,” pungkasnya. (yud)

Publisher : Ferdin Ferdin

Avatar
Pewarta Harian Suara Nusantara, www.koransn.com, Mingguan Suara Negeriku.

Lihat Juga

Pangdam II/Swj Kunker ke Markas Yonif 141/AYJP

Palembang, KoranSN Usai melakukan kunjungan kerja ke Markas Kodim 0404/ME, pada hari yang sama, Jumat …

Satu Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.