BP Geopark Meratus Siapkan 11 Geosite Internasional Menuju UGG





Bukit Langara di Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan, salah satu geosite di kawasan Geopark Meratus. (Foto-Antara)

Banjarmasin, KoranSN

Badan Pengelola Geopark Meratus menyiapkan 11 geosite berkelas internasional dan 22 geosite nasional dalam pengajuan kawasan Pegunungan Meratus sebagai UNESCO Global Geopark (UGG).

“Saat ini kita tengah menyempurnakan berkas usulan yang isinya bukti bahwa Geopark Meratus memang layak menjadi UGG,” kata Wakil Ketua BP Geopark Meratus Nurul Fajar Desira di Banjarbaru, Jumat (23/9/2022).

Baca Juga :   Pemkab Indramayu Belum Izinkan Tempat Wisata Dibuka

Pihak badan pengelola, lanjut dia, mempersiapkan 11 geosite yang bernilai internasional dan 22 geosite berkelas nasional, beserta potensi seni budaya, flora dan fauna, serta kuliner.

“Secara konkret, yang kami persiapkan adalah akses menuju lokasi, papan informasi, petunjuk arah, serta pengelolaan kawasan oleh kelompok masyarakat. Pengelola juga harus mengerti sejarah bebatuan di sini,” ujar dia.

Oleh karena itu, kata Fajar, pihaknya telah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk memberikan edukasi kepada masyarakat.

Dinas Pariwisata, katanya, melakukan pelatihan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) terkait sejarah geologi dan pengelolaan kawasan. Sementara Dinas Pendidikan memberikan edukasi kepada anak sekolah. HALAMAN SELANJUTNYA>>

Baca Juga :   Karang Indah Destinasi Wisata Baru Andalan Selayar





Publisher : Apriandi

Lihat Juga

BIN dan Pemuda Papua Promosikan Desa Wisata di Fakfak

Jakarta, KoranSN Badan Intelijen Negara (BIN) dan Papua Muda Inspiratif (PMI) terus mempromosikan desa-desa wisata …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!