BPBD Flores Timur Imbau Warga Gunakan Masker Pascaerupsi Lewotobi



Gunung api Lewotobi Laki-laki di Flores Timur, NTT erupsi pada pukul 07.14 Wita. (Foto-Antara)

Kupang, KoranSN

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengimbau warga desa di sekitar Gunung Lewotobi Laki-laki untuk memakai masker pascaerupsi pagi tadi.

“Masyarakat harus mengenakan masker dalam melakukan aktivitas karena abu vulkanik mengarah hingga ke beberapa desa,” kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pelaksana BPBD Flores Timur, Abdur Razak Jakra dari Larantuka, Flores Timur, Sabtu (23/12/2023).

Baca Juga :   BPBD: Wilayah Terdampak Kekeringan di Cilacap Bertambah

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan erupsi terjadi pada pukul 07.14 Wita dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 1.000 sampai 1.500 meter di atas puncak.

Gunung Lewotobi Laki-laki itu tercatat mengalami erupsi terakhir pada 12 Oktober 2002, namun menunjukkan peningkatan aktivitas sehingga adanya kenaikan status tingkat aktivitas gunung menjadi level II atau Waspada sejak 17 Desember 2023 lalu.

Dari laporan sementara yang diterima dari aparat Kecamatan Wulanggitang, kata Abdur, abu vulkanik erupsi gunung tersebut mengarah ke desa-desa di bagian timur gunung, diantaranya Desa Hokeng Jaya, Klantanlo, Boru, dan desa lain. HALAMAN SELANJUTNYA>>

Baca Juga :   PLN: 3.000 Desa di NTT Sudah Menikmati Listrik PLN



Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Peresmian Mushola PN Pangkalan Balai, Sekda Banyuasin Erwin Ibrahim Harapkan Dapat Tingkatkan Spiritual Penegak Hukum dan Masyarakat

Pangkalan Balai, KoranSN Penjabat Bupati Banyuasin H Hani Syopiar Rustam SH yang diwakili oleh Sekretaris …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!