BPJamsostek Palembang Dorong Terbentuknya Agen PERISAI ke Serikat Pekerja





Palembang, KoranSN-
BPJamsostek terus mensosialisasikan berbagai manfaat pentingnya perlindungan jaminan sosial terkait resiko bekerja pada sektor informal termasuk kepada beberapa organisasi pekerja guna memperluas perlindungan keselamatan dan kesehatan yang di fasilitasi oleh negara.

Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Palembang Ibkar Saloma, terus berupaya mendorong terbentuknya agen-agen penggerak jaminan sosial (PERISAI) kepada serikat pekerja untuk dapat menumbuhkan kesadaran pentingnya perlindungan jaminan sosial kepada pekerja sektor informal.

Dikatakannya untuk menjadi agen Perisai perlu adanya kepedulian sosial dan jiwa nasionalis agar perlindungan jaminan sosial dapat juga dirasakan para pekerja di sektor informal. Oleh sebab itu, dalam menumbuhkan rasa kepedulian terhadap sesama pekerja jaminan sosial ketenagakerjaan disosialisasikan kepada beberapa organisasi pekerja di Sumsel.

Baca Juga :   Wakapolda Sumsel Diganti

“Agen Perisai kalau kita lihat dari penghasilan masih sangat kecil belum mempunyai nilai jual yang tinggi, hanya orang-orang yang mempunyai jiwa nasionalis dan kepedulian sosial yang tinggi mau bergabung,” terang Kacab BP Jamsostek Palembang Ibkar Saloma, usai sosialisasi di Roca cafe, Senin (18/10/2021).

Hal ini dimaksudkan guna perluasan perlindungan sosial yang diberikan negara juga dapat dirasakan oleh pedagang, nelayan, petani, buruh lepas, yang notabene pekerja bukan penerima upah.

“Yang paling dasar adalah jaminan kecelakaan saat bekerja,” ungkapnya.

Menurutnya dari kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, manfaat yang di berikan berupa uang tunai dan atau pelayanan kesehatan pada saat peserta mengalami kecelakaan kerja saat perjalanan dari rumah menuju tempat kerja, sampai kembali kerumahnya atau penyakit yang di sebabkan dari lingkungan tempatnya bekerja.

Baca Juga :   Kenalkan Wisata Daerah Lewat Inkado

Serta beberapa santunan seperti ketika peserta BPJS ketenagakerjaan mengalami cacat akibat kecelakaan kerja, santunan kematian, santunan hari tua, hingga bantuan beasiswa kepada ahli waris.

“Saya berharap pekerja itu terinformasi bahwa negara melindungi, dengan sosialisasi inilah perluasan perlindungan sosial kepada informal dapat terwujud,” ujarnya.(fer)

Publisher : Ferdin Ferdin

Pewarta Harian Suara Nusantara, www.koransn.com, Mingguan Suara Negeriku.

Lihat Juga

BPJS Ketenagakerjaan Gelar Webinar Internasional Bahas Digitaliasi dan Ketidakpastian Ekonomi

Jakarta, KoranSN- Pandemi Covid-19 yang berkepanjangan hingga saat ini menjadi salah satu pemicu timbulnya ketidakpastian …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.