BPJS Ketenagakerjaan Catat 608 Perusahaan Nakal



jajaran pegawai BPJS Ketenagakerjaan saat memberikan keterangan. (foto-soimah/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan wilayah Sumatra Bagian Selatan sepanjang 2017 mencatat sebanyak 608 perusahaan yang sudah diajukan ke Kejaksaan Negeri. Hal itu lantaran berbagai permasalahan kenakalan baik keanggotaan ataupun penunggakan iuran yang sudah ditentukan pemerintah. Hal tersebut dikatakan Deputi Direktur Wilayah Sumbagsel Arie Budiarto, kemarin.

Dijelaskannya, dari 608 perusahaan tersebut, 316 perusahaan diantaranya masuk tahapan selesai atau tidak lagi ada masalah. Ada 52 % perusahaan sudah selesai ditangani Kejari. Tahun ini akan kembali dilanjutkan.

Dikatakannya, untuk piutang yang menunggak tercatat 388 perusahaan dengan nilai Rp 18 miliar dan sudah diselesaikan di tingkat Kejari sebanyak 326 perusahaan. Untuk Perusahaan Wajib Belum Daftar, tercatat ada 82 perusahaan yang ditangani Kejari dan 49 diantaranya sudah selesai. Untuk Perusahaan Daftar Sebagian Tenaga Kerja tercatat ada 72 perusahaan dan sudah diselesaikan 14 perusahaan. Perusahaan Daftar Sebagian Program tercatat ada 66 perusahaan dan 17 perusahaan diantaranya sudah selesai.

Baca Juga :   120 Peserta Ikut Lomba Mewarnai JM Group

“Kita memang menggandeng Kejaksaan untuk dapat menangani perusahaan-perusahaan yang belum menjalankan kewajibannya. Sebenarnya ada beberapa PP yang menangani apabila perusahaan tidak mendaftarkan keanggotaannya dan membayar iuran wajib. Diantaranya pemberhentian pelayanan administrasi,”jelasnya.

Selain dengan Kejaksaan dikatakannya, pihaknya juga bekerjasama dengan pemerintah daerah terkait dengan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. “Sekarang yang sedang kami upayakan adalah kerja sama dengan pelayanan satu atap pemerintah kabupaten/kota sehingga mereka yang tidak taat bisa diberikan saksi administrasi,” tegasnya.

Sejauh ini dijelaskannya, baru Muaro Bungo (Jambi) yang sudah jalan, sementara Palembang baru sebatas MoU. Pada 2018, BPJS Ketenagakerjaan wilayah Sumbagsel ditargetkan mencapai kenaikan jumlah peserta hingga 23 persen dibandingkan tahun sebelumnya. (ima)

Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Triwulan ke-2 Tahun 2024, Kinerja Positif Bank Sumsel Babel Capai Keuangan Kuat dan Stabil

Palembang, KoranSN Bank Sumsel Babel terus menunjukkan kinerja positif pada akhir triwulan ke-2 tahun 2024. …

    error: Content is protected !!