BPN Pagaralam Programkan Lasusi Kontan Buat Sertifikat

Logo-BadanPertanahanNasionalPagaralam, SN
Badan pertanahan nasional (BPN) Kota Pagaralam, membuat terobosan baru dalam membantu masyarakat membuat sertifikat cepat tanah, melalui Lasusi kontan (layanan khusus informasi konsultasi pertanahan) hanya khusus di Pagaralam.

Demikian diungkapkan Kepala BPN Kota Pagaralam, Zulfikar, Kamis (2/7).

Menurut dia, program ini dibuat agar masyarakat mudah untuk membuat sertifikat tanah dan BPN akan membantu kebutuhan surat menyuratnya.

“Kalau ada warga mau buat surat cukup datang ke kantor dengan membawa surat bukti kepemilikan tanah hanya dalam waktu 60 menit surat-surat sudah selesai di buat,” kata dia.

Dia mengatakan, maksudnya BPN akan berikan layanan dengan membantu melengkapi persyaratan yang mesti dipenuhi dalam membuat sertifikat tanah.

“Nantinya warga hanya tinggal mengurus dan melengkapinya saja seperti permohonan untuk kelurahan dan surat-surat lainnya,” ujar dia.

Baca Juga :   Beni Hernedi: Jangan Biarkan Isu Berpotensi Konflik di Wilayah Muba

Zulfikar mengatakan, program ini sudah disosialisasikan kepada kelurahan untuk mempermudah penyebaran informasi kepada masyarakat.

“Namun ada kelemahan yang dihadapi masyarakat dalam mengurus sertifikat sering tidak memiliki surat menyurat tanah,” ujar dia.

“Program ini tidak dipungut biaya dan semuanya gratis, jadi tidak membebankan masyarakat,” ujarnya lagi.

Ia mengatakan, bukan hanya program itu saja yang dilakukan BPN tapi termasuk rekrutmen pegawai BPN melalui kerjasama dengan Pemerintah Kota Pagaralam, melalui program tugas belajar.

“BPN saat ini masih alami kekurangan 14.000 tenaga ukur tanah termasuk Pagaralam, jadi diharapkan dengan program ini kekurangan tersebut dapat diatasi,” ungkap dia.

Baca Juga :   Waspada! Sejumlah Ruas Jalan Kabupaten di Mura Rawan Banjir

Zulfikar mengatakan, tugas belajar kalau untuk reguler tamat SMA, jadi diberikan untuk putra daerah Pagaralam bisa mengabdi di BPN.

Sementara itu Wako Pagaralam, Ida Fitriati mengatakan, sudah menjadi prioritas pemerintah untuk mendata keseluruhan aset tanah dan termasuk yang perlu dilakukan pembebasan.

“Kita sudah melakukan kerjasama dengan BPN, baik untuk pembebasan lahan jalan, Lapter, dan termasuk di tempat-tempat yang terdapat aset daerah,” ungkap dia. (asn)

Publisher : Ferdin Ferdin

Avatar
Pewarta Harian Suara Nusantara, www.koransn.com, Mingguan Suara Negeriku.

Lihat Juga

Pangdam II/SWJ Kunker ke Kodim 0405/Lahat

Palembang, KoranSN Panglima Kodam ll/Sriwijaya, Mayjen TNI Agus Suhardi didampingi Ketua Persit KCK PD II …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.