BSB Dukung Peremajaan Kelapa Sawit Rakyat

Penandatanganan perjanjian dengan dengan BPDPKS di kantor pusat BSB Jakabaring, Rabu (19/12/2018). (foto-ist)

Palembang, KoranSN

Keseriusan Bank Sumsel Babel (BSB) di dalam membangun ekonomi berbasis kerakyatan di Sumsel diwujudkan dengan keterlibatannya BSB didalam program peremajaan kelapa sawit. Hal tersebut dikatakan Direktur Pemasaran BSB, Antonius Argo Prabowo usai penandatangan Perjanjian Kerjasama dengan Badan Pengelola Dana Perkebunan kelapa sawit (BPDPKS), di Kantor Pusat BSB Jakabaring, kemarin.

Dikatakannya, BSB menfasilitasi pembangunan peremajaan kelapa sawit untuk anggota koperasi KPKS Suka Makmur serta KPKS Tri Bakti Sentosa. Kedua koperasi tersebut merupakan koperasi kelapa sawit dibawah binaan Dinas Perkebunan Kabupaten Musi Banyuasin.

Di tahun 2018 dijelaskannya, pengucuran dana dari BPDPKS kepada KPKS Suka Makmur serta KPKS Tri Bakti Sentosa merupakan pengucuran dana untuk kali ketiga dimana sebelumnya BPDPKS telah menyalurkan dana kepada 324 KK anggota KPKS Suka Makmur dan 235 KK anggota KPKS Tri Bakti Sentosa. Bank Sumsel Babel menfasilitasi program peremajaaan tersebut dengan porsi dana bantuan BPDPKS ditambah fasilitas kredit Investasi pembangunan kebun dari Bank Sumsel Babel plus tambahan dana Replanting koperasi.

Baca Juga :   Pemerintah Jepang Bantu Bangun Asrama Rehabilitasi Narkoba Pesantren Ar Rahman Palembang

Fasilitas tersebut menurut Antonius Argo Prabowo, merupakan bukti kontribusi bank Sumsel Babel terhadap pertumbuhan ekonomi, khususnya kesejahteraan perkebun kelapa sawit dan keluarganya di wilayah Kecamatan Keluang dan Sungai Lilin Kab. Musi Banyuasin.

Program peremajaan lahan sawit menurutnya, dinilai banyak pihak sebagai program yang sukses dan salah satu pendukung upaya pembangunan berkelanjutan, kembali ke belakang pada periode awal perintis program peremajaan kelapa sawit, pihak Dinas Perkebunan Kabupaten Muba kesulitan menyakinkan KEMENKO hanya BSB yang berani menbackup serta menjamin dan menyakinkan pihak KEMENKO agar program peremajaan kebun di wilayah kabupaten Musi Banyuasin terealisasi dan disetujui pemerintah. Terbukti sekarang pola yang sekarang dipakai BSB ditiru oleh bank-bank lain.

Sementara itu Koordinator Program Sawit Rakyat (PSR) Muba, Deddy Widyastono meminta BSB turut memsupport dan berpartisipasi aktif didalam program peremajaan kebun kelapa sawit di wilayah Muba khususnya didalam pendanaan petani sawit. “Kedepan kita bisa sama-sama mengawal program ini, semoga program ini baik bagi petani. Karena diharapkan dengan jenis bibit baru produksi ke depan diharapkan meningkat,” ujar Deddy Sementara itu Ketua KPKS Tri Bakti Sentosa, Sumingso mengatakan kehadiran Kantor Cabang Pembantu BSB di Kecamatan Keluang sangat membantu masyarakat khususnya aktivitas menyangkut Perbankan seperti transfer, tabungan, penarikan dana serta fasilitas kredit.

Baca Juga :   SFC Bakal Launching Tim Bertabur Bintang

Perwakilan Pihak BPDPKS, Hosea Reno menambahkan, dana BPDPKS akan segera dicairkan sebelum akhir Desember 2018, rencana ke depan BPDPKS akan berubah menjadi BPDP sehingga semua komoditi bisa masuk. (ima)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

TP PKK Sumsel Sinergikan Program Kerja Tahun 2021

Palembang, KoranSN Meskipun pandemi Covid-19 masih terjadi dan mempengaruhi seluruh lini kehidupan, tak terkecuali kegiatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.