BSB Kelola Rp 2,3 Triliun Dana Desa





Direktur Pemasaran Bank Sumsel Babel (BSB), Antonius Prabowo Argo saat menjadi pembicara pada Seminar Workshop Nasional Tata Kelola Pemerintah Desa di Hotel Horison Palembang, Rabu (27/02/2019). (foto-ferdinand/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Bank Sumsel Babel dalam kurun waktu satu tahun mengelola sekitar Rp 2,3 triliun dana desa dari 2.853 desa di Sumsel. Sedangkan Rp 264 miliar dari 309 desa yang ada di Provinsi Babel. Hal tersebut dikatakan Direktur Pemasaran BSB, Antonius Prabowo Argo usai menjadi narasumber dalam seminar dan workshop nasional tata kelola pemerintah dalam membangun kemandirian desa melalui BUMDESA di Hotel Horison Ultimah, Rabu (27/2/2019).

“Sementara untuk KUR dalam waktu 6 bulan sudah mencapai Rp 300 miliar bisa ditambah dalam satu tahun,”jelasnya.

Baca Juga :   Pertamina Berikan Sanksi Lima Pangkalan LPG di Lahat

Sementara itu dalam upaya memperluas jangkauan pelayanan ke masyarakat terutama ke desa-desa, BSB menambah jumlah agen laku pandai di 2019 sebanyak 178 agen dari 541 agen yang sudah ada jadi total mencapai 709 agen yang tersebar di Sumsel dan Babel. Tambahan agen laku pandai tersebut untuk mengoptimalkan potensi keuangan dari desa yang hingga kini tercatat baru memberikan kontribusi sebesar 1 % untuk pendapatan BSB.

“Idealnya satu desa minimal memiliki satu agen laku pandai. Jadi untuk setiap tahun kita terus melakukan penambahan agen, dengan harapan bisa meningkatkan transaksi dari desa,”ujarnya.
Untuk daerah yang menjadi sasaran penambahan agen dijelaskannya, yaitu daerah dengan nasabah terbanyak seperti Banyuasin, Muba, OKI lalu daerah yang transaksi keuangannya tinggi yakni OKU Timur.

Baca Juga :   Transaksi RFB Palembang Naik 29 %

“Sebenarnya semua daerah potensial atau menjadi daerah yang akan dimaksimalkan lewat transaksi laku pandai. Tetapi, kami lebih fokus untuk daerah yang dikategorikan sebagai daerah yang mempunyai potensi pertumbuhan transaksi yang lebih besar dibanding daerah Sumsel lainnya,”ujarnya.

Terkait dengan BUMDESA ia berharap setiap BUMDESA dapat menjadi agen dan bisa menyiapkan tenaga dan perangkat. “Artinya kita memaksimalkan semua potensi kita untuk itu kita akan melakukan sosialisasi,”pungkasnya. (ima)

Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Dolar Sentuh Tertinggi 3 Minggu Terangkat Data Terbaru, “Tapering” Fed

New York, KoranSN Nilai tukar (kurs) Dolar mencapai tertinggi tiga minggu terhadap sekeranjang mata uang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.