BTNKT Sulteng Dorong Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Sekitar Kawasan





Ptl Kepala Balai Taman Nasional Kepulauan Togean (BTNKT), Oktavianus. (Foto-Antara)

Palu, KoranSN

Balai Taman Nasional Kepulauan Togean (BTNKT) di Kabupaten Tojo Una-una, Sulawesi Tengah (Sulteng), mendorong pemberdayaan masyarakat sekitar kawasan sebagai dukungan untuk peningkatan ekonomi keluarga.

“Pemberdayaan masyarakat salah satu program kami tahun 2023, selain kegiatan inti pengawasan di kawasan konservasi,” kata Plt Kepala Balai TNKT Oktavianus dihubungi dari Palu, Selasa (24/1/2023).

Ia menjelaskan masyarakat sekitar kawasan sebagai mitra balai perlu dilibatkan dalam menjaga kelestarian lingkungan. Oleh karena itu kegiatan pemberdayaan salah satu langkah konkret, sekaligus kontribusi pemerintah meningkatkan derajat kesejahteraan masyarakat kepulauan.

Baca Juga :   Samsung-Kredivo Hadirkan Pembiayaan Baru

Dari sektor kelautan dan perikanan, BTNKT mendorong optimalisasi budi daya kepiting merah atau kepiting bakau. Lalu dari segi kehutanan masyarakat diberi akses mengelola sumber daya hutan dalam bentuk multi-usaha melalui pengelolaan Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK).

Pengelolaan sumber daya hutan, terdiri dari HHBK bahan baku rotan, HHBK kelapa dengan produk minyak kelapa/VCO, HHBK bahan baku enau produk gula aren, HHBK sagu dan hasil kelapa beserta turunannya, yang kini sejumlah produk telah masuk di segmen supermarket Kota Ampana. HALAMAN SELANJUTNYA>>

Baca Juga :   Gandeng Universitas, PLN Dongkrak Geliat Ekonomi





Publisher : Apriandi

Lihat Juga

PTBA Operasikan Lima Unit Bus Listrik untuk Pelabuhan Tarahan

Palembang, KoranSN PT Bukit Asam Tbk (PTBA), anggota holding BUMN pertambangan MIND ID, mulai mengoperasikan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!