Budi Daya Ternak Kerbau di Lebak Masih Bersifat Tabungan Warga









Usaha budi daya peternakan kerbau di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten hingga kini masih menjadikan “celengan” atau tabungan, sehingga didorong untuk swasembada pangan dan peningkatan ekonomi masyarakat di daerah itu. (Foto-Antara)

Lebak, KoranSN

Usaha budi daya peternakan kerbau di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten hingga kini masih menjadikan “celengan” atau tabungan, sehingga didorong untuk membantu swasembada pangan dan peningkatan ekonomi masyarakat di daerah itu.

“Peternakan kerbau di sini masih menjadi usaha sampingan dan belum andalan ekonomi masyarakat,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pembibitan Dinas Peternakan Kabupaten Lebak Teguh di Lebak, Senin (14/2/2022).

Baca Juga :   Banjir Landa Empat Kecamatan Akses Jalan Nasional di Kapuas Hulu terputus

Pengembangan Sentra Peternakan Rakyat (SPR) khusus usaha budi daya ternak kerbau di Kabupaten Lebak, lanjuntnya, masih menjadikan tabungan, karena terbentur permodalan juga minimnya sumber daya manusia dan teknologi, sehingga dikelola secara tradisional.

Padahal potensi usaha peternakan di Kabupaten Lebak cukup menjanjikan untuk menjadi sentra lumbung ternak karena didukung lahan yang luas. Para peternak, kata dia, mengembalakan ternak mereka dilepas di lahan-lahan perkebunan atau tanah lapang untuk mencari pakan rerumputan. HALAMAN SELANJUTNYA>>

Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Pelindo Edukasi Nelayan di Benoa Bali Untuk Wisata Taksi Air

Denpasar, KoranSN PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo Sub Regional III Bali Nusa Tenggara mengedukasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!