Bunga Rafflesia Arnoldi Tumbuh di Halaman Rumah Warga PALI



Warga saat menunjukkan bunga bangkai ke awak media. (foto-anasrul/koransn.com)

PALI, KoranSN

Warga Kota Pendopo Kecamatan Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) digemparkan dengan munculnya sejumlah bunga yang menyerupai bunga bangkai. Salah satunya tumbuh di pekarangan rumah sejumlah warga Talang Miring, Kelurahan Bhayangkara Kecamatan Talang ubi.

Seperti yang terpantau oleh sejumlah media, Kamis (19/10/2017), bunga memiliki nama latin Rafflesia Arnoldii ini, tumbuh subur sejak sepekan terakhir dengan diameter mencapai 30 centimeter, dan tinggi mencapai 60 centimeter. Kondisi bungapun masih kuncup (belum mekar), serta sudah mengeluarkan aroma tidak sedap.

Menurut Katin (42), pemilik pekarangan yang ditumbuhi bunga bangkai ini, bunga ini sering tumbuh dengan sendirinya, dan tidak tentu waktu serta jumlahnya.

“Tumbuh sendiri sejak seminggu yang lalu, biasanya tidak pasti tumbuhnya kapan, kadang setahun sekali, pernah juga dua tahun kemudian, dan kadang jumlahnya bukan hanya satu, jaraknyapun berdekatan. Tahun ini hanya satu, dan sudah cukup besar,” beber Katin.

Biasanya, lanjut Katin, bunga ini tidak memiliki umur panjang, paling lama tumbuh sekitar tiga bulan, dan saat mekar bunga ini selalu dikerumuni lalat.

“Biasanya sekitar tiga bulanan, dan bunganya perlahan mati dengan sendirinya. Kalau sudah mekar baunya sangat menyengat, seperti bau-bau bangkai,” tambahnya.

Selain di perkarangan rumah Katin, bunga ini juga tumbuh dipekarang belakang rumah Juriah (53), dan ukurannya sedikit lebih kecil serta berjumlah lebih banyak dan jaraknya berdekatan.

Baca Juga :   Cegah Virus Corona, Polisi Bagikan Vitamin & Cek Tensi Darah

“Kemarin mengetahuinya saat membersihkan rumput dibelakang rumah, karna aneh dan warnanya mencolok kemerhan saya biarkan saja. Dulu pernah tumbuh juga di sekitar sini, dan ukurannya mencapai satu meter, baunyapun seperti bangkai. Jadi, banyak warga yang datang hanya untuk melihat-lihat serta berfoto dengan bunga ini,” jelas ibu tiga anak ini.

Terpisah, Camat Talang Ubi, Dedi S, saat di hubungi via telpon, belum mendapatkan laporan terkait penemuan bunga yang tergolong tumbuhan parasit ini. “Nanti kita tindaklanjuti, karena kita belum mendapatkan laporannya,” katanya. (ans)







Publisher : Imam Ndn

Lihat Juga

Pemkab Dukung Penyelenggaraan Statistik Sektoral dan Pendataan Potensi Desa

Muara Enim, KoranSN Statistik sektoral memiliki peranan penting dalam perencanaan pembangunan, untuk itu penyelenggaraan statistik …

error: Content is protected !!