Bupati Banyuasin Bersama Forkopimda Tandatangani Komitmen Anti HOAX



Bupati Askolani menandatangani komitmen anti hoax. (Foto-Siryanto/KoranSN)

Banyuasin, KoranSN

Bupati Banyuasin H. Askolani bersama unsur Forkopimda menandatangani komitmen bersama anti hoax serta mengukuhkan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kabupaten Banyuasin. Acara yang diselenggarakan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Banyuasin ini dilaksanakan di Auditorium Pemkab Banyuasin, Jumat (13/12/2019).

Bupati Askolani mengatakan KIM memiliki peranan penting menjadi corong pemerintah dalam menanggulangi informasi berita hoax. Hal ini dilakukan agar masyarakat tidak terpengaruh dan tidak ikut-ikutan menyebarkan berita yang belum tentu kebenarannya.

“Apalagi berita-berita terindikasi memprovokasi dengan menyebar kebencian. Disinilah fungsi KIM sebagai corong pemerintah, penyambung informasi antar masyarakat, antar kelompok, antara masyarakat dengan pemerintah mulai tingkat desa hingga Kabupaten maupun dengan pihak terkait,” katanya.

Baca Juga :   Asisten II Buka Pelatihan Etika Pelayanan Publik

Lebih lanjut Bupati Askolani menjelaskan, KIM dibentuk oleh masyarakat, dari masyarakat dan untuk masyarakat secara mandiri dan kreatif yang aktivitasnya melakukan kegiatan pengelolaan informasi dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka meningkatkan nilai tambah.

“Pembentukan KIM ini sebagai salah satu Langkah dalam menghadapi era Globalisasi, era teknologi yang semakin canggih sehingga segala informasi mudah diakses oleh siapa saja kapan saja dimana saja dan apa saja. Oleh karena itu untuk menyaring informasi yang tidak benar, hoax dan lain-lain maka dibentuklah KIM,” bebernya.

Sementara itu Kepala Dinas Kominfo Banyuasin Aminuddin mengucapkan selamat kepada pengurus KIM yang baru saja dikukuhkan, ia berharap KIM mampu mengelola informasi baik menerima, menyimpan dan menyebarkan informasi sehingga informasi yang diterima masyarakat adalah informasi yang benar dan aman.

Baca Juga :   Direktur Ihwan Institut Yordania Sambangi Banyuasin

“Peran KIM sangat di harapkan untuk menjembatani informasi, dan tidak ikut menyebarkan berita-berita hoax, pandai-pandailah dalam menyebarkan informasi, saring dulu sebelum di sharing, bijaklah dalam menyebarkan informasi,” tegas Aminuddin. (sir)

Publisher : Apriandi

Lihat Juga

50 Pelajar Terbaik di Muaraenim Diklat Paskibraka

Muaraenim, KoranSN 50 pelajar SMA sederajat di Kabupaten Muaraenim mengikuti Diklat Paskibraka guna mengibarkan bendera …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.