Bupati dan Ketua KPU Tandatangani NPHD Pilkada Muara Enim

Bupati Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar dan Ketua KPU Muara Enim Rohani melakukan Penandatangan Naskah Perjanjian Hibah Daerah Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Muara Enim. (foto-yudi/koransn.com)

Muara Enim, KoranSN

Bupati Muara Enim, Ir H Muzakir Sai Sohar dan Ketua KPU Kabupaten Muara Enim, Rohani melakukan Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dalam rangka Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Muara Enim yang berlangsung di ruangan Rapat Serasan Sekundang Kantor Pemerintah Kabupaten Muara Enim, Selasa (25/7/2017) pukul 14.00 WIB.

Penandatangan NPHD ini disaksikan Wakil Bupati Muara Enim, H Nurul Aman dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Kepala Organisai Perangkat Daerah, Kepala Instansi Vertikal dan Anggota Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Muara Enim.

Bupati Muara Enim, Muzakir Sai Sohar mengatakan, Kabupaten Muara Enim adalah salah satu kabupaten yang akan menyelenggarakan Pemilihan Kepalada Daerah (Pilkada) serentak Tahun 2018 di Provinsi Sumsel. Dalam Pilkada serentak di Sumsel ini meliputi; pemilihan walikota dan wakil walikota, Kota Lubuk Linggau, Kota Pagaralam, Kota Palembang, dan Kota Prabumulih. Pemilihan bupati dan wakil bupati, Kabupaten Banyuasin, Kabupaten Empat Lawang, Kabupaten Lahat, Kabupaten Muara Enim, Kabupaten Ogan Komering Ilir serta pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel.

Menurut Muzakir, Pilkada serentak tahun 2018 merupakan program strategis nasional yang harus dilaksanakan dan dibebankan pada APBD dalam jumlah yang cukup sesuai kebutuhan setiap tahapan penyelenggaraan Pilkada serentak Tahun 2018.

Dilanjutkannya, Pilkada serentak pendanaannya sudah harus dialokasikan dalam APBD tahun 2017, baik seluruhnya atau sebagian untuk selanjutnya dianggarkan dalam bentuk hibah. Sedangkan untuk kesepakatan bersama antara Tim Anggaran Pemerintah Daerah Kabupaten Muara Enim dan KPU Muara Enim dijelaskannya, atas pembahasan pendanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Muara Enim tahun 2018, dituangkan dalam NPHD dan ditandatangani bersama oleh Bupati Muara Enim selaku pemberi hibah dan Ketua KPU Muara Enim selaku penerima hibah.

Baca Juga :   Sekda Minta Kadin Jeli Cari Dana Pusat

“Besaran dana hibah yang telah disepakati dalam NPHD yakni sebesar Rp 54.220.265.000,00. Anggaran ini menjadi dasar pencantuman besaran hibah pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Muara Enim dalam APBD Kabupaten Muara Enim tahun anggaran 2017 dan APBD Kabupaten Muara Enim tahun anggaran 2018, yang proses penetapannya sesuai peraturan perundang-undangan,” jelasnya.

Oleh karena itu, terang Muzakir, mengingat pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Muara Enim merupakan satu paket kegiatan, maka perjanjian hibah hanya dilakukan satu kali NPHD. Dengan telah ditandatanganinya NPHD diharapkan KPU Muara Enim selaku penyelenggara dapat melaksanakan tugasnya sesuai dengan tahapan, program dan jadwal yang telah ditetapkan.

“Walaupun dari segi penanggaran telah tersedia, kami juga berharap dukungan dari semua pihak supaya Pilkada Bupati dan Wakil Bupati berjalan baik, lancar dan sukses,” pesan Muzakir.

Sementara Ketua KPU Muara Enim Rohani SH mengungkapkan,
Pilkada tahun 2018 merupakan Pilkada serentak yang diikuti oleh 171 daerah yang tersebar dibeberapa provinsi, untuk Sumsel sendiri diikuti oleh 10 Kabupaten/kota. Salah satunya Kabupaten Muara Enim yang merupakan kabupaten tersiap menyelenggarakan pesta demoktrasi lima tahunan ini.

Baca Juga :   Muba Borong Dua Penghargaan Dari KPPPA

Lanjutnya, kesiapan ini tak terkecuali masyarakat Kabupaten Muara Enim yang sudah cerdas dalam berdemokrasi. Pilkada Tahun 2018 merupakan pilkada serentak yang bersamaan dengan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel. Tahapan pemilihan legislatif dan presiden tahun 2019 pun sudah diambang pintu, tiga agenda besar dengan waktu yang saling bersinggungan merupakan sebuah tantangan bagi KPU Muara Enim. Sebab selain bertanggung jawab dalam tahap persiapan, salah satu kegiatan pada tahap ini adalah penyusunan rencana anggaran dan kegiatan yang kesemua itu berpedoman pada peraturan undang-undangan yang berlaku.

“Penandatanganan NPHD ini merupakan langkah awal dalam menyongsong tahapan yang sudah didepan mata, kami mengajak mari kita mensuskseskan pilkada serentak di Bumi Serasan Sekundang,” pungkas Rohani didamping empat anggota lainnya, Ahyaudin, SE, Isa Ansori, SE M.Si, Noprizah Fahlevi, S.Sos, Eko Suprianto, SE. (yud)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

JMSI Sumsel Siap Jadi Mitra Pembangunan di Bumi Sriwijaya

Kayuagung, KoranSN Wakil Bupati (Wabup) Ogan Komering Ilir (OKI) HM Dja’far Shodiq menerima audiensi pengurus …