Bupati Dodi Reza Alex Himbau Warga  Tingkatkan Antisipasi Bencana Longsor dan Banjir 

Bupati Muba, Dodi Reza saat melakukan peninjauan. (foto-sumantri/koransn)

Sekayu, KoranSN

Bupati Musi Banyuasin, H Dodi Reza Alex menginstruksikan kepada Kepala BPBD bersama OPD terkait dan seluruh Camat, kepala desa dan Lurah bersama jajaran sesuai tingkatan untuk menghimbau warga mengantisipasi gerakan tanah longsor dan banjir di wilayah kerja masing-masing.

Hal tersebut merupakan sebagai bahan  tindak lanjut bersama pemerintah pusat dan pemeritah daerah, yang wajib bersinergi berdasarkan surat himbauan Menteri Dalam Negeri RI H Muhammad Tito Karnavian Nomor: 360/14279/SJ. Prihal antisipasi menghadapi gerakan tanah/tanah longsor dan banjir.

Sehubungan dengan adanya informasi dan data dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi, Kementerian Energidan Sumber Daya Mineral, bahwa di sebagian wilayah lndonesia mempunyai potensi terjadi gerakan tanah/tanah longsor dan banjir, yang berpotensi terjadi di beberapa daerah termasuk daerah Sumatera Selatan.

Baca Juga :   Malam Dekorasi, Tradisi Menjelang Pernikahan di Muba yang Masih Lestari

Untuk itu Bupati Muba, Dodi Reza Alex mengintruksikan BPBD dan dinas terkait bersama-sama Camat dapat mengambil langkah jangka pendek, menengah dan panjang dalam penanggulangan bencana gerakan tanah atau tanah longsor dan banjir di wilayah kerjanya masing-masing. Dengan melakukan tindakan, antara lain; meningkatkan edukasi budaya sadar bencana kepada masyarakat, tidak melakukan pemotongan lereng terlalu tegak, menghindari aktivitas di lereng yang curam, tidak membuang sampah di sungai, melakukan pembersihan drainase atau saluran air.

Kemudian membuat bangunan penahan untuk daerah rawan tanah longsor, membuat biopori dan sumur resapan untuk wilayah yang topografinya datar dan mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan, terutama warga yang tinggal diwilayah rawan.

Baca Juga :   Bupati Muba Akan Bangun Sodetan Sebagai Pencegah Kebakaran Hutan dan Lahan

Kemudian setiap kejadian agar melaporkan hasil pelaksanaan penanggulangan bencana gerakan tanah/tanah longsor, dan banjir di wilayahnya kepada Bupati Muba sebagai bahan tindak lanjut.

“Melindungi masyarakat Muba dari bencana sudah menjadi kewajiban pemerintah dalam melayani dan memberikan pelayanan terbaik buat warga,” ujar Bupati Dodi. (tri)

Iklan Polres Lahat

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Penanganan Covid-19 di Muba Patut Jadi Contoh Kepala Daerah Lain

Sekayu, KoranSN Penanganan penyebaran wabah Covid-19 di Musi Banyuasin mendapat apresiasi dari berbagai kalangan. Kali …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.