Bupati Minta Ketentuan Kelulusan Harus Jujur

MONITORING – Bupati Empat Lawang saat monitoring UN tingkat SMP. (foto-fahlevi/koransn.com)

Empat Lawang, KoranSN

Ujian Nasional (UN) tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, saat ini UN bukan lagi penentu kelulusan. Melainkan kelulusan ditentukan oleh pihak sekolah. Meskipun pihak sekolah yang menentukan kelulusan, Bupati Empat Lawang H Syahril Hanafiah meminta agar benar-benar jujur dalam menentukan kelulusan.

“Saya tegaskan walaupun UN bukan lagi penentu kelulusan tapi jangan sampai pihak sekolah asal saja meluluskan siswanya, harus benar-benar disesuaikan dengan nilai siswa itu,” ungkap Syahril disela monitoring UN dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP di SMKN 1 Empat Lawang, Selasa (2/5/2017).

Menurutnya, saat ini UN bukan lagi menjadi momok menakutkan. Ditahun sebelumnya sempat ada siswa yang menjadi juara umum disekolah, namun nilainya jatuh saat UN, jadi siswa tersebut dinyatakan tidak lulus. “Sebab itu Kemendikbud merubah pola kelulusan. Jadi kelulusan dinilai dari berbagai aspek termasuk tingkat kerajinan siswa disekolah dan juga dari UN,” ujarnya.

Pemkab Empat Lawang, mengharapkan kelulusan di Empat Lawang hingga 100 persen.  “Tapi perlu di ingat walaupun kita manargetkan kelulusan 100 persen, harus sesuai dengan nilai siswa. Jangan sampai, yang seharusnya siswa tersebut tidak lulus malah diluluskan itu malah merusak siswa itu sendiri,” terangnya.

Baca Juga :   Gunung Dempo Keluarkan Dua Kali Vulkanik Dalam

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Empat Lawang Agusni Effendi mengatakan, jika jauh hari pihaknya, telah menyampaikan kepada pihak sekolah agar mempersiapkan siswanya dalam menghadapi UN maupun UNBK. “Try Out sudah sering dilakukan oleh pihak sekolah, yang melaksanakan UNBK sudah beberapa kali melakukan simulasi UNBK. Insya Allah pelaksanaan UN maupun UNBK akan berjalan lancar,” tuturnya.

Selain itu, Kasi Kurikulum SMP, Jhonson menambahkan, jumlah siswa yang mengikuti UNBK dari SMPN 1 Tebing Tinggi sebanyak 156 siswa pelaksanaan UNBK di SMAN 1 Tebing Tinggi, lalu SMPN 1 Talang Padang sebanyak 149 siswa pelaksanaan UNBK di SMKN 1 Empat Lawang. Sedangkan yang diluar UNBK sebanyak 3564 termasuk MTS. “Pelaksanaannya selama empat hari, mata pelajaran yang diujikan sebanyak empat yakni Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA. Bagi yang susulan akan mengikuti pada 23 Mei namun harus UNBK, peraturan itu langsung dari Kemendikbud,” tukasnya.

Baca Juga :   HM Djakfar Shodiq Berpeluang Besar Didukung Golkar

Sebelumnya, Pemerintah kabupate empat lawqng menggelar upacara memperingati hari pendidikan nasional dihalaman pemkab empat lawang yang bertindak sebagai inspektur upacara bupati empat lawang H Sahril Hanafiah dan bertindak sebagai pemimpin upacara Agus salah satu guru dikabupaten empat lawang yang diikuti oleh 0eserta upacara dari siswa SD, SMP dan SMK/SM Serta para guru camat pejabat eslon kepala SKPD dan unsur muspida

Dalam sambutannya bupati empat lawang sempat kesal dikarnakan ada peserta upacara yang duduk dibelakang barisan. “yang lagi duduk itu tolong berdiri, jangan mengajari para anak sekolah yang ikut upacara ini,” sesalnya. (Foy)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Tuntaskan Pembangunan Jembatan Ogan IV yang Sempat Mangkrak

Baturaja, KoranSN Komitmen Gubernur Sumsel H Herman Deru untuk menyelesaikan sejumlah proyek fisik yang tak …