Bentuk Satgas Karhutla, Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan

Camat Betung Arifin Nasution saat memimpin rapat koordinasi pembentukan Satgas kebakaran lahan dan hutan. (foto/Siryanto)

Banyuasin, KoranSN

Guna mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan pada musim kemarau tahun 2017, Camat Betung Arifin Nasution beserta seluruh unsur Tripika Kecamatan Betung, Kamis (23/2/2017) melakukan rapat koordinasi pembentukan satuan tugas (Satgas) penanggulangan kebakaran hutan dan lahan diwilayah Kecamatan Betung Kabupaten Banyuasin.

Camat Betung, Arifin Nasution yang langsung memimpin kegiatan mengatakan, guna mengantisipasi terjadinya kebakaran, pihaknya memasang spanduk atau banner untuk sosialisasi ke masyarakat. Tujuannya, agar masyarakat memahami bahaya kebakaran.

“Setiap perusahaan juga diharapkan membuat seperti itu, bahkan dilebihkan dari yang dibuat, dan sebagian diserahkan ke kantor camat ini, dengan tujuan pihak kecamatan yang memasangnya di lokasi yang tidak terjangkau pihak perusahaan,” kata Arifin.

Baca Juga :   Atap Rumah Dinas Bupati OKI Segera Diperbaiki

Kapolsek Betung melalui wakapolsek Iptu Harun sangat menyambut baik dengan pembentukan satgas Karhutla di tingkat kecamatan ini dan pihaknya akan membentuk satgas-satgas di tingkat kelurahan dan seluruh desa dalam wilayah kecamatan Betung.

Bahkan kata Wakapolsek, pihaknya melalui Babinkamtib siap turun ke lokasi bersama masyarakat untuk menanggulangi jika terjadi kebakaran.

Danramil Betung Kapten M Yamin mengatakan untuk wilayah Betung ada tiga titik rawan kebakaran didesa Lubuk Karet, Srikembang dan kelurahan Rimba Asam.

“Kita bersyukur di Betung tidak terlihat ada titik hot spot dan diharapkan seluruh Lurah dan Kades supaya lebih pro-aktif bersama masyarakat agar tidak melakukan aksi pembakaran,” ujarnya.

Baca Juga :   Dalam Tiga Hari, Pasien Positif Corona di PALI Bertambah Tiga Orang

Masih diuraikan Danramil, jika ada temuan dan bukti melakukan pembakaran disanksi dengan pasal 187 KUHP. “Barang siapa dengan sengaja melakukan pembakaran hutan dengan ancaman pidana penjara selama 12 tahun,” tukasnya. (sir)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Anton Wijaya

Avatar

Lihat Juga

Gedung Dewan Steril dengan Disinfektan Sebelum Puncak Peringatan Hari Jadi OKU Timur

OKUT, KoranSN Hari Jadi OKU Timur ke-17 tahun diadakan sangat sederhana, bahkan acaranya dipusatkan di …