Cawawako Harus Berjiwa Pemimpin





kantor walikota palembang
Palembang, SN

Ketua DPD Partai NasDem Palembang, Yandri Effendi menegaskan, jika sosok Wakil Walikota (Wawako) Palembang kedepan harus memiliki sifat leadership (kepemimpinan) yang cakap serta ditopang visi dan misi yang jelas.

“Kemampuan untuk mengelola kota, itu yang terpenting,” kata Yandri, di Sekretariat DPD Partai NasDem, Minggu (17/8).

Menurutnya, meski Partai NasDem bukan partai pengusung pasangan Romi Herton – Harnojoyo, namun partai pimpinan Surya Paloh ini bisa melihat perkembangan dari sisi hukum. Menurutnya, kajian hukum yang dilakukan DPRD pada 2014 lalu dinilai tidak sah secara hukum. Namun, perkembangannya lama-kelamaan, akhirnya Harnojoyo akan diangkat menjadi Walikota Palembang.

“Atas kajian itulah, akhirnya Mendagri, Tjahyo Kumolo kembali melakukan pertimbangan-pertimbangan terkait pelantikan Harnojoyo. Prediksi saja 50-50 jika melihat kondisi ini. Bisa saja dilantik atau tidak,” ulasnya.

Saat disinggung mengenai upaya lobi-lobi dari partai politik (parpol) pengusung pasangan Romi-Harno, diakui Yandi hingga saat ini belum ada. Meski demikian, ia yakin jika akan ada partai yang akan mendekati untuk memenangkan kader-kader parpol yang bersangkutan untuk mendapatkan kursi Palembang-2 tersebut.

Baca Juga :   HDMY Langsung Kebut Program 100 Hari Kerja

“Sebentar lagi pasti ada (lobi-lobi). Kalau memang pantas untuk duduk, kita dukung. Begitupula sebaliknya. Jika setelah kita kaji ternyata sosok tersebut tidak pas, tentu kita menolak,” tegasnya.

q Mahasiswa Harapkan Cawawako Tegas dan Berwibawa

Terpisah, sejumlah mahasiswa yang ditemui mengharapkan Cawawako nantinya, memiliki pribadi yang tegas dan berwibawa. Hal ini untuk membantu kinerja Walikota yang akan dilantik nantinya.

Ketua Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) UIN Raden Fatah Palembang, Ahmad Supardi (22), mengatakan, mampu atau tidaknya Harnojoyo memimpin Kota Palembang, itu tergantung dengan tim, bagaimana dia bisa saling merangkul untuk membangun sebuah perubahan.

“Saya setuju dia (Harnojoyo) jadi Walikota, dan siapapun wakilnya, asal sesuai prosedur UU Pilkada dan peraturan KPU, bukan atas kompromi dalam partai saja, saya juga setuju,” tuturnya.

Menurut Supardi, Palembang masih banyak memerlukan perubahan baik dari Sumber Daya Manusia (SDM) maupun Sumber Daya Alam (SDA). Oleh sebab itu, ia berharap kedepan sektor-sektor yang bisa digarap maksimal, seperti pariwisata, transportasi dan infrastruktur harus menjadi prioritas.

Baca Juga :   Pj Bupati Banjarnegara Tri Harso Sidak ke Pasar Kota dan Toko Modern, Pastikan Harga Bahan Pokok Stabil dan Stock Aman

“Pemerintah wajib mensejahterahkan rakyat, jangan buat malu Palembang dengan korupsi,” katanya.

Sementara itu, Ketua Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Palembang, Iwansyah (23), mengharapkan Cawawako nantinya, merupakan sosok yang agamis dan paham teritorial Palembang.

“Saya pilih H. Yuswar Hidayatullah yang pasti berkarakter, selain itu dia juga ketua umum Ormas Persatuan Umat Islam (OPUI) Provinsi Sumsel,” katanya.

Masih katanya, jika melihat kebelakang, dia ingin Edi Santana Putra kembali menjadi Walikota Palembang, karena banyak memberikan perubahan nyata dari segi pembangunan.

“Ini hanya asumsi saya saja sebagai mahasiswa,” ujar Iwansyah.

Dia menambahkan, Palembang butuh pemimpin yang jujur dan berjiwa besar untuk perubahan Sumsel. Oleh karena itu ia berharap Harnojoyo mampu melakukan perubahan itu baik dari bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, politik, dan budaya.

“Harus bisa bersinergi membangun Palembang lebih maju,” pungkasnya. (awj/**)







Publisher : Ferdin Ferdin

Pewarta Harian Suara Nusantara, www.koransn.com, Mingguan Suara Negeriku.

Lihat Juga

Rutan Banjarnegara Raih Peringkat ke-3 Latihan Menembak Bersama Kodim 0704

Banjarnegara, KoranSN Sebagai upaya meningkatkan keterampilan petugas, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Banjarnegara bekerja …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

    error: Content is protected !!