Cegah Covid 19, Disdukcapil Ogan Ilir Buka Layanan Online





Ilustrasi. (foto-net)

Indralaya, KoranSN

Guna mencegah dan menanggulangi penyebaran corona virus desease atau Covid-19, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ogan Ilir (OI) untuk sementara, tidak membuka pelayanan tatap muka langsung di kantor, melainkan membuka layanan online terhitung sejak Senin, 30 Maret 2020.

Kepala Disdukcapil OI, Akhmad Luthfi mengungkapkan, hal ini dilakukan untuk menghindari kontak fisik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan.

“Bagi masyarakat yang sangat memerlukan dokumen kependudukan, silahkan manfaatkan layanan online yang sudah kami sediakan,” katanya, Minggu (29/3/2020).

Ia mengatakan, pelayanan tetap berjalan seperti biasa, namun yang diutamakan pelayanan online.

“Permohonan dikirim lewat online dan dokumennya dikirim online dengan format Pdf dan penduduk bisa mencetak di rumah. Aplikasi Dukcapil yang mencetak dokumen dengan kertas HVS ukuran A4 dengan berat 80 gram dapat digunakan, tapi seluruh ASN tetap bekerja dengan jam kerja pukul 09.00 – 13.00 WIB dan bagi berkas yang sudah selesai akan diberitahukan melalui SMS,” terangnya.

Baca Juga :   Kader Desak Usut Tuntas Pelaku Pembakaran Bendera PDIP

Masih menurutnya, khusus layanan perekaman E-KTP, karena ada kontak fisik secara langsung, maka akan ditunda pelaksaannya, kecuali untuk hal yang sangat urgent.

“Seandainya memang harus dilaksanakan perekaman, maka perlu ditangani secara khusus, diantaranya pengecekan suhu tubuh bagi petugas dan pemohon, alat yang digunakan harus didisinfektan, petugas mengunakan sarung tangan dan masker, tangan pemohon pun harus dicuci dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer,” terangnya.

Ditegaskan, hal ini dilakukan berdasarkan hasil rapat koordinasi (rakor) bersama pejabat organisasi perangkat daerah (OPD) di ruang rapat bupati, beberapa waktu lalu, sebagai upaya menyikapi situasi yang berkembang terutama pencegahan penyebaran virus Corona dan penanganannya untuk memutus mata rantai Covid 19.

Baca Juga :   Kepsek Bantah Ada Pungli di SDN Muara Batang Empu

“Kita tidak ingin virus corona ada dan menyebar di wilayah Ogan Ilir. Untuk itu, masyarakat harus dilindungi,” tandasnya. (man)





Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

5 Desa di OKI Sepakat Jadi Bagian Tim Mitigasi Cegah Konflik Gajah dan Manusia

Kayuagung, KoranSN Konflik satwa gajah dan manusia kerap terjadi di Sumatera Selatan (Sumsel), khususnya di …

Satu Komentar

  1. Katanya mengutamakan layanan online, tapi saya mau mengajukan kk baru, dan akte anak saya, kok di batalkan hingga3x. Jadi harus menunggu bulan depan, gimana ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!