Cegah ISIS, Bentuk Satgas Operasi Kontra Radikal dan Deradikalisasi





Kapolres Muara Enim
Muara Enim, SN

Berkembangnya isu mengenai perekrutan oleh kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) atau kelompok terlarang lainnya, Kepolisian Resort (Polres) Muara Enim membentuk Satgas Operasi Kontra Radikal dan Deradikalisasi guna melakukan pencegahan dan tindakan pendeteksian mengenai pergerakan kelompok-kelompok yang dilarang.

Kepala Kepolisian Resort Muara Enim AKBP Nuryanto SIK Msi didampingi Kasat Intelkam Iptu Apromico SH mengatakan, Satgas Operasi Kontra Radikal dan Deradikalisasi ini nantinya bertugas untuk mencegah penyebaran paham radikal maupun kelompok-kelompok yang dilarang di seluruh wilayah Kabupaten Muara Enim dan Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).

Baca Juga :   Anggota Kodim 0430/Banyuasin Naik Pangkat

Mengenai personil Satgasnya kata Nuryanto, akan dipimpin Kepala Satuan Intelkam dengan beberapa orang personilnya. Dalam pelaksanaannya jelas Nuryanto, Satgas ini akan dibagi menjadi beberapa sub satgas.

“Termasuk masing-masing Polsek nantinya akan membuat satgas di wilayahnya masing-masing dan wajib memberikan laporan dari temuan di lapangan,” terang Nuryanto.

Masih dijelaskan Nuryanto kembali, Satgas yang dibentuk tergabung dari beberapa personil, meliputi, Intelkam, Reskrim dan Brimob, termasuk mengikutsertakan anggota dari Bidang Humas Polres Muara Enim yang perannya dalam memberikan penyuluhan tentang ancaman  ISIS (Islamic State of Iraq and Syria).

Baca Juga :   Sekda Serukan Gotong-Royong Tangani stunting

Dikatakan Nuryanto, Satgas tersebut akan memetakan kawasan-kawasan yang berpotensi dijadikan lokasi para kelompok yang dilarang ini untuk beraksi dalam perekrutan anggota sehingga kelompok-kelompok ini tidak berkembang.

“Anggota Satgas akan disebar ke seluruh pelosok wilayah Kabupaten Muara Enim dan PALI untuk mengamati secara langsung di lapangan jika ada indikasi pengaruh mulai masuk di kawasan Kabupaten Muara Enim dan PALI,”tegas Nuryanto.

“Sampai sekarang ini, belum terindikasi adanya tanda-tanda ISIS mulai masuk Muara Enim dan PALI,” pungkas Nuryanto. (yud)







Publisher : Ferdin Ferdin

Pewarta Harian Suara Nusantara, www.koransn.com, Mingguan Suara Negeriku.

Lihat Juga

KPU Gelar Launching Pilkada PALI, Ifan Seventeen Hibur Masyarakat PALI

PALI, KoranSN KPU PALI menggelar peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati PALI tahun 2024, Sabtu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!