Chile Juara, Messi Pilih Pensiun

messiEast Rutherford, KoranSN

Copa America Centenario menjadi turnamen terakhir Lionel Messi untuk Argentina. Usai kalah di final, dia memutuskan mundur dari ‘Tim Tango’.

“Buat saya, tim nasional selesai. Saya sudah mencoba yang saya bisa, menyakitkan tidak menjadi juara bersama Argentina. Saya tidak bisa meraihnya,” ucap Messi usai pertandingan dikutip dari AS.

“Di ruang ganti pemain saya berpikir kalau tim nasional sudah berakhir, itu bukan buat saya,” demikian dinyatakan Messi seperti di-Tweet oleh akun resmi Timnas Argentina, sebagaimana diberitakan Reuters.

Argentina kalah 2-4 oleh Chile di final Copa America Centenario, Senin (27/6/2016) pagi WIB. Messi tampil antiklimaks dalam laga tersebut. Dia menjadi salah satu penendang penalti yang gagal, dan dapat kartu kuning karena dianggap melakukan diving di babak pertama.

Keputusan pensiun Messi mengejutkan karena dia saat ini baru berusia 29 tahun. Saat dikonfirmasi apakah keputusannya sudah final, dia menjawab: “Ya, saya pikir iya”.

Baca Juga :   Juventus Harus Bekerja Keras untuk Menang 3-1 Atas Sassuolo

Messi memperkuat Timnas Senior Argentina sejak 2005. Dalam kurun tersebut dia sudah tampil 112 kali dalam seragam Albiceleste. Kontribusinya jelas tak buruk karena dia sudah melesakkan 55 gol. Dengan jumlah tersebut dia kini menjadi pemain tersubur sepanjang sejarah Timnas Argentina.

Tapi, Messi belum memberikan satupun trofi mayor untuk negaranya. Dia cuma bisa mengantar Argentina sampai final Piala Dunia 2014, final Copa America 2015, dan final Copa America Centenario. Semuanya gagal dituntaskan menjadi juara.

Di 2005 Messi mengantar Argentina merengkuh trofi Piala Dunia Junior (U20), sementara di 2008 dia memberi negaranya medali emas Olimpiade di Beijing.

Meski disanjung setinggi lagit di klubnya, Barcelona, Messi justru dapat tekanan hebat di negaranya sendiri. Dia berulang kali dapat kritik karena tak kunjung memberi Argentina trofi, dan kerap dituding tampil tak semaksimal seperti di level klub.

Baca Juga :   Arsenal Kalahkan Liverpool untuk Rebut Community Shield

Sementara Chile tak cuma membawa pulang trofi juara, skuat La Roja (Si Merah) juga meraih predikat terbaik pada kategori individual. Eduardo Vargas menjadi top skorer turnamen (dengan 6 gol), Alexis Sanchez terpilih sebagai pemain terbaik, dan Claudio Bravo penjaga gawang terbaik. Penghargaan yang tidak mereka raih “cuma” Fair Play Award, yang direbut Argentina. (detikcom)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Publisher : Anton Wijaya

Avatar

Lihat Juga

Maguire dan Rashford Perang Mulut Saat MU Bermain Imbang Lawan Palace

Jakarta, KoranSN Emosi mendidik di antara dua pemain Manchester United (MU), Marcus Rashford dan Harry …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.