China Jatuhkan Sanksi Pada Perusahaan AS yang Jual Senjata ke Taiwan





Dokumen foto drone atau pesawat tempur nirawak milik militer Amerika Serikat (AS). (foto-antaranews)

Beijing, KoranSN

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian, mengatakan pada Senin bahwa China akan menjatuhkan sanksi kepada perusahaan Amerika Serikat (AS) yang ikut serta dalam penjualan senjata ke Taiwan.

Dalam konferensi pers yang digelar di Beijing, Zhao menyebut tiga perusahaan, yakni Lockheed Martin, Boeing Defense, dan Raytheon akan mendapatkan sanksi, namun ia tidak menjelaskan lebih lanjut mengenai sanksi tersebut.

Pekan lalu Pentagon menyebut Departemen Luar Negeri AS telah memberikan persetujuan untuk potensi penjualan tiga sistem persenjataan kepada Taiwan, berupa sensor, rudal, dan artileri yang nilainya diperkirakan mencapai 1,8 miliar dolar AS (setara Rp26,4 triliun).

Baca Juga :   China Tanda Tangani Kesepakatan Sabuk Jalan Dengan 18 Negara Arab

Zhao mengatakan bahwa China mengecam dengan keras penjualan senjata kepada Taiwan. Hal itu terkait dengan posisi politik Taiwan yang dianggap oleh Beijing sebagai bagian dari negara itu–yang disebut akan berada di bawah kendali China, meski harus menggunakan kekuatan militer.

“Untuk menjaga kepentingan nasional kami, China memutuskan untuk mengambil langkah yang diperlukan dan menjatuhkan sanksi kepada perusahaan-perusahaan AS […] serta perseorangan dan perusahaan yang bersikap buruk dalam proses penjualan senjata ini,” kata Zhao.

Sebelumnya, China juga pernah menjatuhkan sanksi kepada perusahaan AS, termasuk Lockheed Martin, atas penjualan senjata ke Taiwan, meskipun belum diketahui jelas bentuk sanksi apa yang dijatuhkan. HALAMAN SELANJUTNYA >>

Baca Juga :   Presiden Meksiko Sumbang Seperempat Gajinya untuk COVID-19

Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Kapal Perang China, Rusia Patroli Bersama Pertama Kali di Pasifik

Moskow, KoranSN Kapal perang China dan Rusia mengikuti patroli bersama untuk pertama kalinya di bagian …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.