China Panggil Para Dubes Eropa, Petempur PLA Terus Dekati Taiwan





Arsip – Jet tempur China Su-30 yang dilibatkan dalam latihan di sekitar Taiwan. (Foto-Antara)

Beijing, KoranSN

Wakil Menteri Luar Negeri China Deng Li diperintahkan untuk memanggil para duta besar negara-negara Eropa dan anggota Uni Eropa di Beijing.

Pemanggilan tersebut untuk pertemuan darurat dan menyampaikan protes keras atas pernyataan bersama tentang Taiwan yang dikeluarkan para menteri luar negeri anggota kelompok tujuh negara (G7) dan Perwakilan Tinggi Uni Eropa untuk Urusan Luar Negeri dan Kebijakan Keamanan.

Baca Juga :   Raja Norwegia Harald Dinyatakan Positif COVID-19

Dalam keterangan tertulis MFA di Beijing, Jumat (5/8/2022) malam, Deng menuding para menlu G7 dan EU telah mendistorsikan fakta dalam mengeluarkan pernyataan bersama tentang Taiwan.

“Ini benar-benar tindakan campur tangan urusan internal China dan memberikan sinyal yang salah terhadap kelompok separatis kemerdekaan Taiwan. China dengan tegas menolak dan menyatakan protes keras,” ujar Deng.

Menurut dia, kunjungan Ketua DPR Amerika Serikat Nancy Pelosi ke Taiwan sebagai bentuk pelanggaran keras terhadap kedaulatan dan integritas teritorial China.

Sebelumnya G7 menyatakan keprihatinannya atas tindakan ancaman China di Selat Taiwan sehingga meningkatkan tensi ketegangan di Selat. G7 mendesak China agar tidak mengubah status quo secara sepihak melalui tindakan kekerasan di Selat Taiwan dan menyelesaikan perbedaan dengan cara damai. HALAMAN SELANJUTNYA>>

Baca Juga :   Scholz: Pembicaraan Koalisi Jerman Sangat Baik





Publisher : Apriandi

Lihat Juga

RS Indonesia di Gaza Bantu Korban Serangan Israel

Jakarta, KoranSN Rumah sakit Indonesia yang terletak di Bayt Lahiya, sebagai rumah sakit terbesar di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.