China Tak Puas Laporan IAEA Soal Kapal Selam Nuklir AUKUS





Rafael Grossi, Direktur Jenderal Badan Energi Atom Internasional (IAEA), menyampaikan pengarahan kepada awak media di kantor pusat IAEA di Wina, Austria, pada 24 Mei 2021. (Foto-Antara)

Beijing, KoranSN

China tidak puas atas laporan Badan Energi Atom Internasional (IAEA) terkait kerja sama kapal selam nuklir yang disepakati pakta keamanan trilateral Australia, Inggris, dan Amerika Serikat (AUKUS).

“Secara prosedural kami anggap laporan tersebut merupakan langkah maju, namun secara substansial kami sangat prihatin,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China (MFA) Mao Ning di Beijing, Selasa (13/9/2022).

Baca Juga :   Koran Pemerintah China Kecam Iklan Kecantikan Medis

Ia melihat laporan tersebut hanya mengutip materi yang diberikan AS, Inggris, dan Australia atas apa yang mereka kerjakan.

Namun dia mencermati laporan tersebut tidak mengakomodasi kekhawatiran komunitas internasional atas risiko proliferasi nuklir yang mungkin muncul dari kerja sama kapal selam nuklir AUKUS.

“Laporan tersebut menutup mata keprihatinan beberapa negara anggota lainnya karena kerja sama AUKUS telah melanggar maksud dan tujuan perjanjian nonpoliferasi,” kata diplomat perempuan itu.

Mao menekankan bahwa kerja sama kapal selam nuklir berpotensi memberikan dampak terhadap integritas, kekuatan, dan keteguhan perjanjian nonpoliferasi dan akan berpengaruh terhadap kepentingan semua anggota IAEA. HALAMAN SELANJUTNYA>>

Baca Juga :   Putin Divaksin Kembali untuk Kekebalan Terhadap COVID-19





Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Nigeria Umumkan Status Darurat Demam Lassa

Lagos, KoranSN Pemerintah Nigeria mengumumkan status darurat yang disebabkan demam Lassa, demikian menurut Pusat Pengendalian …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!