CSIS: Insentif Bagi Barang Untuk Transisi Energi Cegah Inflasi Hijau



Ilustrasi: Pekerja membersihkan panel Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Desa Sengkol, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB. (Foto-Antara)

Jakarta, KoranSN

Peneliti ekonomi Dandy Rafitrandi dari Centre for Strategic and International Studies (CSIS) mengatakan pemberian insentif kepada barang atau teknologi untuk transisi energi dapat mencegah inflasi hijau (green inflation).

“Kalau untuk Indonesia salah satu cara yang dapat meredam green inflation adalah pemerintah dapat memfasilitasi bagaimana tarif impor lebih murah untuk barang atau teknologi untuk energi baru terbarukan dibuat semakin murah, hal ini dikarenakan kita memiliki tarif impor yang cukup tinggi untuk barang-barang ramah lingkungan,” kata Dandy di Jakarta, Senin (22/1/2024).

Baca Juga :   KKP: Ekspor Hasil Perikanan Sulsel di Urutan Ketiga

Dia menambahkan Indonesia masih mengenakan tarif impor yang cukup tinggi untuk barang atau teknologi ramah lingkungan serta untuk transisi energi.

Green inflation terjadi ketika pemerintah ingin beralih ke energi baru terbarukan (EBT) atau barang-barang lebih ramah lingkungan yang secara relatif memiliki harga lebih tinggi, jadi itulah kenapa disebutkan konsekuensi yang tidak diinginkannya adalah green inflation.

“Kita melihat tren (green inflation) ini terjadi di tingkat global, tidak hanya di Indonesia. Ini juga bisa dikaitkan dengan kondisi geopolitik yang saat ini masih panas seperti Perang Rusia – Ukraina dan rivalitas Amerika Serikat – Tiongkok,” kata Dandy. HALAMAN SELANJUTNYA>>

Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Kementan Siapkan Lahan Sumsel Jadi Penyangga Pangan Demi Tekan Impor

Jakarta, KoranSN Kementerian Pertanian (Kementan) menyiapkan lahan rawa di Sumatera Selatan (Sumsel) untuk dijadikan sebagai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!