Dana Desa di OKI Rawan Dikorupsi Oknum Kades







Bupati OKI saat melantik Kades Desa Persiapan di Pendopoan Kabupaten OKI. (foto-maniso/koransn.com)

Kayuagung, KoranSN

Dana desa merupakan bantuan dari pemerintah pusat kepada seluruh desa di Tanah Air yang nominalnya bervariasi bergantung kondisi desa. Dana inipun rawan dikorupsi karena jumlahnya menggiurkan, kecil besarnya tak jauh dari angka Rp 1 milyar setiap desa.

Dana tersebut memang rawan dan berpotensi dikorupsi oleh oknum Kades karena diduga ada saja celah bagi mereka untuk melakukannya. Akibatnya, tak sedikit Kades di negeri ini yang terpaksa dipenjara karena ulah melanggar hukum.

Menyikapi ini, Bupati OKI mengingatkan seluruh Kades di kabupaten yang dipimpinnya agar ekstra hati-hati dan tidak bermain-main dalam mengelola anggaran desa. Bila tetap dilakukan, Sang Kades harus bersiap dipecat dan dibui.

“Jadi Kades jangan lantas merasa jadi raja. Lakukan musyawarah, pendekatan dengan masyarakat setiap perencanaan pembangunan serta anggaran,”ungkap H Iskandar SE saat peresmian desa persiapan dan pelantikan pejabat Kades di Pendopoan Kabupaten OKI, Selasa (16/10/2018).

Di hadapan 27 Kades baru tersebut, bupati itu menegaskan, ketika terpilih menjadi Kades jangan lantas merasa jumawa. Dirinya juga berujar agar dalam bertugas para Kades tidak menjauhi hukum sehingga dapat lebih baik dalam menjalankan tugas.

“Jangan jauhi hukum, kalau dijauhi akan terasing. Kalau terasing, nanti kita yang diasingkan. Apalagi dalam penggunaan keuangan desa,”tegasnya. Ketika Kades tidak mengerti penggunaan anggaran jelas Iskandar, lakukan musyawarah dengan para perangkat. Jika masih tidak mengerti, lakukan koordinasi dengan camat, dengan kepala dinas.

Baca Juga :   Melalui Seminar Herman Deru Restui Forum Komunikasi Nakes

Selain itu, Iskandar juga berpesan agar para Kades dapat berbagi ataupun memberikan tugas-tugas sesuai tupoksi masing-masing jabatan. “Jadi bukan semua tugas harus Kades. Sekarang bupati juga tidak semuanya jadi tugas bupati karena ada delegasi yang di bawah, jadi Kades juga harus mampu mendelegasikan agar tugas lebih ringan,”jelasnya. (iso)







Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Pastikan Layanan Paspor Berjalan Baik, Divisi Keimigrasian Kemenkumham Sumsel Tinjau Kanim Muara Enim

Muara Enim, KoranSN Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, Muhamad Novyandri dan anggota tim melakukan …

error: Content is protected !!