Danau Kongar, Alternatif Wisata Kabupaten PALI



Tampak suasana Danau Kongar yang dibanjiri pengunjung.
Suasana Danau Kongar ramai dikunjungi pengunjung.

PALI, SN
Menginjak lebaran kelima, atau tepatnya dihari terakhir masa liburan Hari Raya Idul Fitri, Selasa (21/7), Danau Kongar menjadi tujuan utama wisata masyarakat Kabupaten Penuka Abab Lematang Ilir (PALI) dan dan kota sekitarnya.

Danau yang terletak di Desa Sungai Dua Kecamatan Sungai Keruh Kabupaten Muba perbatasan dengan Kabupaten PALI ini menjadi alternatif wisata di Bumi Serepat Serasan. Cukup menempuh waktu 20 menit dari Kota Pendopo, eksotisme Danau Kongar sudah bisa dinikmati.

Dengan menawarkan wahana yang menghibur dan mengembirakan bagi semua usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Danau Kongar yang dikelilingi kebun sawit, menjadi nilai tambah bagi wisatawan yang berkunjung.

Seperti yang dikatakan Coteh (42) salah satu warga Pendopo Kabupaten PALI, yang merasa gembira bisa mengajak buah hatinya untuk berliburan di danau kongar. Karena sebelumnya, dirinya harus keluar Pendopo, yakni Prabumulih dan Air terjun Bedegung Muara Enim, bahkan Palembang, untuk mengisi hari libur lebaran.

“Saya sangat senang dek bisa mengajak keluarga dan buah hati jalan-jalan dan mengisi liburan Hari Raya Idul Fitri ini tidak perlu jauh-jauh lagi, selama ini kita harus ke Prabumulih, Muara Enim bahkan ke Palembang untuk mengajak keluarga dan anak-anak liburan. Sekarang sudah ada wisata Danau Kongar untuk menjadi tujuan utama kita dan masyarkat PALI,” ucap bapak dua orang anak tersebut, Selasa (21/7).

Sementara itu, Sahrani (19) warga desa Teluk Lubuk Kecamatan Belimbing Kabupaten muara Enim juga merasa gembira dengan adanya wisata baru yabg lokasinya tidak terlali jauh dari kediamannya, tepatnya di wilayah perbatasan kabupaten PALI dan MUBA, yang  tidak begitu jauh dari desanya.

“Senang nian kak kami biso jalan-jalan samo teman-teman di Danau Kongar ini kak. Apo lagi, liburan panjang cak ini, selamo ini kalu lebaran mainnyo amen dak ke Prqbumulih, Palembang, atau ke Pagar Alam kak. Lemaknyo disini jarak dari dusun kami dengan danau kongar, cuma makan waktu Satu jam dengan kendaraan bermotor kak,” ujar gadis yang datang bersama rombongannya ini.

Baca Juga :   Perkenalkan Batik Khas Muara Enim Melalui Lomba Peragaan Busana

Terpisah, Bang Jali pemilik wisata danau Kongar, saat ditemui SN mengaku, setelah dibukanya wisata danau Kongar, antusias warga Kabuapten PALI dan desa sekitarnya sangat menyambut senang. Terbukti dari banyak pengunjung yang datang, yang didominasi oleh masyarakat PALI.

“Alhamdulillah sejak kita buka dua hari sebelum lebaran antusias masyarakat sangat menyambut gembira. Apo lagi orang PALI, terutama orang Pendopo, sangat senang, bisa kita liat pengunjung disinikan didominasi oleh orang Pendopo.” ungkapnya sambil menunjukkan ramainya Danau Kongar.

Meskipun pengunjung yang datang memuncak pada lebaran kedua dan ketiga, saat datang pada hari terakhir masa libur lebaran, situasi di danau kongar masih sangat ramai oleh pengunjung. Pengunjung yang datang terdiri dari anak-anak hingga orang dewasa.

“Puncak keramaian pengunjung yang datang pada hari kedua dan ketiga lebaran kemarin. Ternyata sekarang masih jugo ramai meskipun tidak seramai kemarinnya. wahana hiburan kitapun masih ada yang dalam tahap penyempurnaan,” tutup Bang Jali. (ans)







Publisher : Ferdin Ferdin

Pewarta Harian Suara Nusantara, www.koransn.com, Mingguan Suara Negeriku.

Lihat Juga

Penuhi Hak Pendidikan, Kemenkumham Sumsel Resmikan PKBM di Rutan Prabumulih

Prabumulih, KoranSN Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan, Dr Ilham Djaya berkomitmen …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

    error: Content is protected !!