Dari Kota Hingga Desa, Indosat DompetKu Berinovasi Untuk Negeri

Petugas kasir di Alfamart Mayor Zen II menunjukkan formulir pengiriman dan peneriman uang melalui layanan Indosat DompetKu. (foto/Soimah)
Petugas kasir di Alfamart Mayor Zen II menunjukkan formulir pengiriman dan peneriman uang melalui layanan Indosat DompetKu. (foto/Soimah)

Palembang, SN

20 November 1967-20 November 2015, selama rentang waktu 48 tahun Indosat hadir di negeri ini banyak inovasi dan terobosan yang dibuat oleh Indosat untuk memanjakan pelanggan setianya mulai dari kota hingga pelosok desa. Inovasi yang dilakukan mulai dari kegiatan Corporate Social Responsibility (CRS), layanan hingga produk.

Salah satu inovasi yang menyentuh dan dapat dinikmati masyarakat mulai dari perkotaan hingga pedesaan adalah program DompetKu. Dimana program yang di soft launching tanggal 25 November 2010 bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-43 tahun Indosat tersebut lebih memudahkan pelanggan dalam bertransaksi keuangan melalui handphone.

Kemudahan bertransaksi dengan menggunakan fitur baru yang ada di DompetKu seperti yang diakui Ana Afrianti (35) warga Prabumulih, setelah adanya program DompetKu dari Indosat ia tidak perlu atau repot-repot untuk bertransaksi keuangan. Hanya dengan handphone yang dimilikinya ia dapat melakukan pengisian ulang pulsa ke semua operator.

“Untuk pengisian ulang pulsa, saya tinggal tekan *789# kemudian pilih pembelian selanjutnya tekan pilih pulsa-pilih jenis provider-pilih nominal-masukkan nomor handphone yang akan diisi pulsanya. Setelah melakukan registrasi maka akan ada pemberitahuan apakah pembelian yang kita lakukan berhasil atau tidak,”tutur wanita pengguna kartu Mentari sejak tahun 2004 ini.

Dikatakannya, dengan menggunakan fitur DompetKu berbagai kemudahan pembelian, pembayaran tagihan dan cicilan, pengisian pulsa dan pengiriman uang dapat dilakukan dengan cepat dan aman.

“Kapan dan dimana saja saya dapat melakukan transaksi keuangan hanya dengan mengunakan handphone yang ada di tangan saya. Selain itu untuk memakai fitur dompetKU, handphone yang kita gunakan tidak perlu yang android atau smartphone, handpohe jadul atau zaman dulu juga bisa kita gunakan. Itulah keunggulan dari fitur dompetKu yang dikeluarkan Indosat,”ujar warga Kelurahan Pasar I Kecamatan Prabumulih Utara Kota Prabumulih ini.

Sementara itu Juniarti Boermansyah (40) salah satu aktivis perempuan di Provinsi Bengkulu mengaku, selain pembelian pulsa ia mengunakan fitur dompetKu untuk pembayaran listrik dan air. Dengan aktivitas padat yang ia jalani tidak memungkinkan dirinya untuk melakukan pembayaran listrik dan air di kantor PDAM ataupun PLN yang ada di daerahnya. Untuk pembayaran tagihan listrik ia cukup menekan *789# kemudian pilih jenis pembayaran masukkan PIN selanjutnya masukan nomor id pelanggan. Begitu juga dengan pembayaran tagihan air cukup menekan *789# pilih pembayaran-pilih PDAM-masukkan PIN kemudian masukkan nomor id pelanggan.

“Aktivitas transaksi melalui dompetKu cukup membantu saya dalam melakukan berbagai pekerjaan dan tugas saya sehari-hari. Saya tidak perlu repot-repot untuk berurusan dengan petugas PLN maupun PDAM dalam melakukan pembayaran listrik dan air. Karena semua itu bisa saya lakukan hanya dengan handphone yang saya miliki meskipun handphone saya tergolong handphone produksi lama,”tutur ibu 2 anak ini.

Apalagi menurutnya, dengan pekerjaan yang menuntutnya untuk berpergian ke beberapa daerah membuat berbagai aktivitas yang berhubungan dengan transaksi keuangan harus diselesaikan. Untuk itu dengan adanya layanan Indosat DompetKu ia dapat bertransaksi keuangan seperti mengirimkan uang tunai kepada keluarga, teman maupun relasi yang sama-sama menjadi pelanggan dompetKu.

“Dengan adanya dompet kirim uang ini lebih praktis karena nomor hanphone yang kita pakai merupakan nomor akun untuk melakukan pengiriman uang. Selain itu uang yang diterima dalam bentuk digital dihandphone penerima dan dapat diuangkan saat itu juga,”tutur warga Pagar Dewa Jalan Sungai Rupat 9 Kelurahan Selebaran Kota Bengkulu Provinsi Bengkulu ini.

Baca Juga :   15 Perusahaan di Sumsel Bersaing Raih SNI Award

Kemudahan yang didapat dengan Indosat DompetKu juga dapat dinikmati di PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) dengan menghadirkan DompetKu pengiriman uang yang merupakan layanan baru dalam pengiriman dan peneriman uang dalam negeri.

Seperti yang diutarakan Joko (30) salah satu pekerja harian proyek pembangunan Pusri II B, ia mengunakan layanan DompetKu yang ada di Alfamart buat mengirim uang kepada keluarganya yang ada di Kelurahan Purwosari Kecamatan Puring Kabupaten Kebumen Provinsi Jawa Tengah. Usai menerima gaji, ia datang ke Alfamart terdekat untuk mengirim uang, hanya dengan mengisi formulir pengiriman uang yang telah disediakan dengan membawa kartu identitas seperti KTP asli yang masih berlaku serta memiliki nomor yang masih aktif ia dipersilahkan petugas kasir Alfamart untuk melakukan registrasi. Selanjutnya kasir alfamart akan memberikan kode transaksi melalui handphone untuk dikirim kepada keluarga yang akan menerima.

“Karena saya di sini bersama teman-teman kos,jadi uang gaji selalu saya kirim melalui layanan DompetKu. Berhubung Alfamart yang dekat dengan tempat kerjaan dan tempat kos jadi saya mengirim uang melalui Alfamart Mayor Zen 2 depan Pusri,” tutur pria yang sudah 1 tahun ini bekerja di proyek pembangunan Pusri IIB.

Sementara itu Desi (25) mengaku juga sudah menikmati layanan Indosat DompetKu di toko Alfamart Mayor Zen I. Ia diberitahu keluarga untuk mengambil uang di toko Alfamart terdekat dengan mengirim sms kode registrasi untuk ditunjukkan di kasir Alfamart. Setelah mendapatkan pemberitahuan ia mendatangi Alfamart, oleh petugas kasir Alfamart ia disuruh mengisi formulir penerimaan uang. Selanjutnya kode yang ada di handhpone ditunjukkan kepada kasir alfamart untuk dicocokan setelah cocok kasir akan memberikan uang senilai nominal yang dikirim oleh si pengirim.

“Kakak saya yang berdomisili di Garut Bandung mengirim uang kepada saya untuk diambil di Alfamart. Ternyata prosesnya mudah, cepat, aman dan tidak berbelit-belit saat mengunakan layanan DompetKu milik Indosat. Kemudian saya tidak perlu mendatangi bank untuk mengambil uang karena ini adalah penganti transfer layanan bank seperti kita mengambil wesel di kantor pos lah,’tutur warga Lorong Setia Kelurahan Sungai Selincah Kecamatan Kalidoni Palembang ini.

Sedangkan salah satu kasir Alfmart Mayor Zen 1, Dini membenarkan, adanya pengambilan uang melalui layanan Indosat DompetKu. Sewaktu ada pelanggan datang ke toko Alfamart dengan menunjukkan kode melalui handphone ia mencocokkan kode tersebut dengan data yang ada di komputer. Setelah kode tersebut cocok, pelanggan yang akan mengambil uang dipersilahkan untuk mengisi formulir penerimaan uang dengan menyertakan identitas diri setelah persyaratan dilengkapi semua maka kasir akan memberikan uang tersebut kepada si penerima.

“Waktu itu ada pelanggan kita yang mengambil uang di toko kami melalui layanan DompetKu sebesar Rp 1.650.000 karena identitas sudah sesuai dan mekanisme benar maka kita kasih uang yang dikirim oleh saudaranya yang berada di jawa,”ujarnya.

Hal senada dikatakan Tri (23) salah satu kasir Alfamart Mayor Zen II depan Pusri Palembang, selain pengambilan uang. Kebanyakan yang melakukan transaksi di Alfamart Mayor Zen II adalah pengiriman uang melalui layanan dompetKu. Kondisi tersebut dipengaruhi dengan banyaknya pekerja perantau asal Jawa yang bekerja di pembangunan proyek Pusri II B. Para pekerja tersebut biasanya setelah menerima gaji, akan mengirimkan uang kepada keluarganya yang berada di Jawa.

Baca Juga :   Monster Energy Yamaha MotoGP Edition Meluncur

“Mungkin untuk pergi ke bank ataupun kantor pos mereka enggan jadi datang ke Alfamart dengan mengunakan layanan Indosat DompetKu. Karena layanan ini dapat dijangkau mulai dari kota hingga pelosok desa serta memudahkan konsumen untuk mengirim dan menerima uang,”ungkapnya.

Sementara itu Group Head Mobile Financial Services Indosat, Randy Pangalila saat ditemui di sela-sela HUT ke-48 tahun Indosat di kantor Indosat Palembang, Jumat (20/11)menjelaskan, Dompetku adalah inovasi yang dilakukan oleh Indosat dalam bentuk layanan electronic money (e-money) Indosat yang telah mendapatkan izin dari Bank Indonesia sejak tahun 2008. Untuk melengkapi layanan yang diberikan, pada tahun 2010, Dompetku telah mendapatkan izin KUPU (Kegiatan Usaha Pengiriman Uang) yang memungkinkan para penggunanya untuk melakukan kegiatan pengiriman uang.

Dijelaskannya, Dompetku adalah layanan inovatif yang memudahkan pelanggan Indosat untuk melakukan berbagai transaksi finansial sehari-hari seperti pembelian di merchant, pembayaran tagihan, pengisian pulsa, transfer, pengiriman uang melalui ponsel yang telah didaftarkan melalui mobile phone. Layanan ini dapat diakses semua jenis ponsel dimana saja dan kapan saja tanpa perlu membawa uang tunai. Semenara pertimbangan bekerjasama dengan Alfamart karena ritel modern ini memiliki jaringan toko yang menjangkau hingga pelosok desa.
“Dengan sekitar 1o ribu toko yang dimiliki Alfamart dan tersebar di seluruh pelosok mulai dari kota ke desa jaringan ini sangat potensial untuk dimanfaatkan sebagai titik penyedia layanan Indosat DompetKu,”ujarnya sembari mengatakan, Indosat menjadi satu-satunya operator yang berhasil meraih penghargaan Digital Brand of the Year 2015 dari Majalah Infobank. Indosat meraih penghargaan sebagai penyedia layanan E-Money terpopuler kedua di kategori E-Money melalui layanan Indosat Dompetku.

Sedangkan Head of Sales Southern Sumatera Area, Eric Danari menambahkan, saat ini layanan Indosat DompetKu bisa digunakan di seluruh pelosok.  Layanan Indosat Dompetku juga mendukung gerakan Bank Indonesia yaitu Gerakan Non Tunai dapat dinikmati di area Sumbagsel. “Selama ada sinyal maka layanan dompetKu dapat diakses dimana saja. Apalagi sekitar  90 persen jaringan Indosat sudah dapat mengcover daerah-daerah di Sumbagsel.

Sementara itu Corporate Communication GM PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk Cabang Palembang, Rendra Satri Pratama mengatakan, tersedianya layanan dompetKu di Alfamart merupakan bentuk kemudahan yang diberikan kepada konsumen Alfamart.  Alfamart selalu berupaya memberikan nilai tambah dalam pelayanannya termasuk dengan menghadirkan layanan dari Indosat melalui layanan dompetKu. Konsumen Alfamart memilih layanan dompetku menurutnya karena mudah prosedurnya tidak berbelit-belit dan tidak memerlukan rekening bank, cepat karena uang bisa langsung diterima dan lebih aman karena menggunakan kode pencairan yang hanya diketahui oleh pengirim dan penerima serta notifikasi SMS yang diterima pengirim ketika dana sudah dicairkan oleh penerima.

“Layanan dompetku dapat menjadi alternatif pengiriman dan penerimaan uang bagi masyarakat khususnya konsumen Alfamart. Saat ini konsumen dapat mengunakan layanan dompetKu di toko Alfamart, untuk Palembang sudah banyak yang mengunakan layanan dompetKu. Selain itu pengiriman uang juga dapat dibatalkan oleh pengirim apabila dirasa perlu jika uang belum dicairkan,” pungkasnya. (soimah)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : awik obsesi

Avatar

Lihat Juga

Menkeu: Total Nilai Potensi Ekspor Makanan Halal 229 Juta Dolar AS

Jakarta, KoranSN Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan total nilai potensi ekspor makanan halal Indonesia mencapai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.