Dari Puntung Rokok, Hanguskan 3 Hektare Kebun



kebakaran-kebun karet

PALI, SN

Akibat ulah warga membuang puntung rokok sembarangan, tiga hektare kebun warga di Desa Beruge Darat Kecamatan Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) hangus dilalap api, Minggu (13/9).

Informasi yang dihimpun SN, kebun karet yang terletak di pinggir jalan provinsi tersebut berusia dua tahun milik H Munir warga desa Benuang. Warga baru mengetahui kebun karet yang ditumpang sari dengan tanaman nanas tersebut terbakar setelah melintas di jalan tersebut.

Warga yang melintas akhirnya melaporkan kepada kepala desa. Puluhan warga dibantu tiga unit pemadam kebakaran dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten PALI akhirnya berhasil memadamkan kobaran api setelah berjuang hampir tiga jam.

Baca Juga :   Diskop UKM PALI Apresiasi PKW PKBM Pelita Abab

“Kejadiannya sekitar jam 12.00 siang tadi (kemarin). Kemungkinan berasal dari puntung rokok pengendara jalan yang melintas,” jelas Badaruddin, kepala desa Beruge Darat.

Menurut Badarudin, kemarau panjang setelah beberapa bulan tidak diguyur hujan menyebabkan api dengan mudah merambat. Apalagi kebun karet tersebut ditumpangsari dengan tanaman nanas.

“Untung tadi dibantu damkar dari Pemkab, sehingga pemadaman bisa cepat,” tambah Badaruddin.

Badaruddin berharap agar pengendara mobil atau motor untuk tidak sembarangan membuang puntung rokok dipinggir jalan. Musim kemarau yang kering menyebabkan rumput dan dedaunan mudah sekali termakan api.

Baca Juga :   Wali Kota Lubuklinggau Terima DIPA Petikan APBN dan TKDD Tahun 2022

“Api rokok kalau kecil memang tidak berbahaya. Tapi kalau dilempar ke gundukan daun pasti terbakar. Apalagi desa kami terletak dipinggir jalan propinsi simpang belimbing-sekayu. Kami mohon kesadaran warga yang melintas untuk tidak sembarangan membuang puntung rokok,” papar Badar. (ans)







Publisher : Ferdin Ferdin

Pewarta Harian Suara Nusantara, www.koransn.com, Mingguan Suara Negeriku.

Lihat Juga

PT Bukit Asam Gelar Workshop Dengan Tema ‘Satu Bumi untuk Masa Depan’

Muara Enim, KoranSN PT Bukit Asam Tbk (PTBA) menggelar workshop dengan tema ‘Satu Bumi untuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.