Dari Sumatera, Jokowi Awali Peremajaan Sawit di Tanah Air

Presiden Jokowi saat meninjau lokasi kebun kelapa sawit. (Foto-Humas Pemprov Sumsel)

Muba KoranSN

Dari Sumatera, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengawali peremajaan sawit. Hal itu terungkap ketika Presiden menghadiri penanaman perdana program peremajaan kebun Kelapa Sawit dan penyerahan sertifikat tanah untuk rakyat di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel), Jumat (13/10/2017).

Program peremajaan ini dilakukan mengingat produktivitas Kelapa Sawit di Indonesia masih tergolong rendah. Padahal, berdasarkan potensi yang dimiliki, Indonesia seharusnya dapat memproduksi sawit hingga delapan ton per hektare dalam satu tahun.

“Di Musi Banyuasin akan diremajakan 4.400 hektare kebun sawit yang sudah tua. Biayanya ditanggung oleh pemerintah. Bibitnya diberi, bibit untuk benih Jagung, Palawija juga diberi,” kata Presiden.

Baca Juga :   97 CPNS Kemenkes Diminta Profesional

Selain itu, lahan kebun kelapa sawit yang masuk dalam kawasan hutan akan dikeluarkan dari kawasan hutan. Bahkan, sertifikat untuk kebun kelapa sawit milik rakyat pun sudah disiapkan pemerintah.

“Sudah saya perintahkan untuk dikeluarkan dari kawasan hutan untuk diberikan sertifikat tapi khusus untuk kebun kelapa sawit milik rakyat,” tutur Presiden.

Pemerintah juga akan melakukan peremajaan kebun kelapa sawit yang terfokus di setiap daerah di Tanah Air. Mulai dari Sumatra Selatan, kemudian dilanjutkan provinsi lain di Sumatra, yakni Sumatra Utara, Jambi, dan Riau.

Baca Juga :   Kualitas Sumber Daya Manusia Perlu Ditingkatkan

Diketahui sebelum ke Muba untuk melakukan penanaman perdana program peremajaan kebun Kelapa Sawit dan penyerahan sertifikat tanah untuk rakyat, Kamis (12/10/2017) Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Jalan Tol Palembang-Indralaya (Palindra) seksi I di Kabupaten Ogan Ilir (OI) yang merupakan jalan tol pertama di Sumatera Selatan. (ded/rell Deputi Bidang Protokol Sekretariat Presiden)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

Pilkada OKU Selatan: Elektabilitas Popo Ali-Sholehien Capai 93,6 Persen

Muaradua, KoranSN Calon Wakil Bupati OKU Selatan Sholihien Abuasir mengklaim elektabilitasnya (tingkat keterpilihan) bersama Cabup …