Dekatkan Layanan Kesehatan, Pemprov Sumsel Bakal Bangun RS Rujukan Zona Tipe B di Lubuk Linggau

Gubernur Sumsel, H Herman Deru saat melakukan kegiatan sinkronisasi Program Pembangunan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan bersama Pemerintah Kabupaten Empat Lawang. (Foto-Humas Pemprov Sumsel)

Empatlawang, KoranSN

Gubernur Sumsel, H Herman Deru mengatakan, kabupaten dan kota di Sumatera Selatan yang belum mencapai Universal Helath Coverage(UHC), yakni jaminan bagi semua orang mempunyai akses pada layanan kesehatan yang efektif diharapkan tidak menimbulkan kesulitan bagi penggunanya.

Harapan tersebut diungkapkan langsung oleh Gubernur Sumsel H Herman Deru ketika menyampaikan sambutan dalam sinkronisasi program Pemerintah Provinsi Sumsel dengan Pemerintah Kabupaten Empat Lawang, di pendopoan rumah dinas Bupati Empat Lawang, Jumat (22/2/2019).

“Di Sumsel sudah ada menerima, diantaranya yang telah mencapai Universal Helath Coverage(UHC) ini. Untuk Empat Lawang segera kejar capaian UHC,” harap Herman Deru.

Lebih lanjut Herman Deru mengatakan, UHC merupakan jaminan bagi warga negara untuk memiliki akses ke pusat layanan kesehatan baik dalam bentuk preventiv, kuratif dan rehabilitatif dengan mutu yang memadai, sehingga jaminan layanan itu berjalan efektif tidak menimbulkan beban secara finansial bagi si penggunanya.

Baca Juga :   SSB Noman Cari Pesepak Bola Berbakat

“UHC bukan hannya itu saja namun juga terkait dengan peningkatan layanan kesehatan. Pelaksanaan program UHC ini akan berdampak pada perubahan pembayaran layanan kesehatan, pada pasien di rumah sakit dan menggunakan kartu BPJS,” kata Herman Deru.

Gubenur menjelaskan, Pemprov Sumsel sesuai dengan Perpres Nomor 82 Tahun 2018 tentang jaminan kesehatan, telah berupaya mengikutsertakan sebanyak -banyaknya masyarakat Sumsel dalam program Jamininan Kesehatan Nasional yang diselenggarakan BPJS.

“Upaya tersebut dilakukan dengan meminta Pemerintah Kabupaten/Kota untuk dapat memberikan jaminan kesehatan bagi seluruh warganya, dan mendorong kelompok masyarakat tertentu yang dianggap mampu untuk ikut serta dalam program JKN secara mandiri,” jelas Gubernur.

Mantan Bupati OKU Timur dua Periode ini juga menambahkan, untuk mendekatkan dan meningkatkan layanan kesehatan bagi masyarakat yang ada di Kabupaten Empat Lawang, dalam waktu dekat Pemerintah Provinsi Sumsel akan membangun rumah sakit pratama yang dananya berasal dari dana CSR.

Bahakan bukan itu saja, pada tahun 2020 mendatang Pemprov telah merencanakan akan membangun Rumah Sakit Rujukan Zona Tipe B dengan lokasi di Kota Lubuk Linggau.

Baca Juga :   Menhub Budi Karya Sumadi dan Gubernur H Herman Deru Istighotsah Qubro

“Kenapa kita buat Rumah Sakit Rujukan zona. Tidak lain untuk mendekatkan layanan bagi pasien dari Empat Lawang, Lahat, Pagaralam, Mura dan Muratara. Yang selama ini, harus merujuk ke Kota Palembang. Nanti kita juga akan koneksikan dengan RS Sobirin Lubuk Linggau,” tandas Herman Deru.

Hadir dalam acara sinkronisasi Program Pemerintah Provinsi Sumsel dengan Pemerintah Kabupaten Empat Lawang di pendopoan rumah dinas Bupati Empat Lawang ini yakni; Bupati Empat Lawang Joncik Muhammad dan jajaran, Ketua TP PKK Sumsel Hj Febrita Lustia, Duta Literasi Sumsel Hj Percha Leanpuri, Wakapolda Sumsel Brigjen Pol Denny Gabril, para Kepala OPD Provinsi Sumsel dan pejabat penting lainnya. (foy)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

RSUD Prabumulih Terima Bantuan APD dari DPD KNPI

Prabumulih, KoranSN Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Prabumulih bersama beberapa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.