Demi Keselamatan, Jangan Rusak Alat Seismograf





Gunung Dempo
Gunung Dempo

Pagaralam, SN

Aktivitas kegempaan Gunung Api Dempo terpantau terus menurun selama sepekan terakhir. Ini berdasarkan rekapitulasi data rekaman kegempaan di Pos Pemantau Gunung Api Dempo, Kelurahan Dempo Makmur, Kecamatan Pagaralam Utara.

Petugas Pos Pemantauan Gunung Api Dempo, Mulyadi mengungkapkan, meski kondisi kegempaan GAD terus menurun selama kurun sepekan terakhir, hampir tidak ada aktivitas sesmik, kedepan belum dapat dipastikan untuk menentukan kondisi kegempaan, baik itu mengalami penurunan ataupun sebaliknya.

“Akan tetapi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) di Bandung hingga kini masih menetapkan status Gunung Api Dempo berada di level I atau normal saja,” terangnya, Rabu (9/12).

Diterangkan Mulyadi, berdasarkan rekapitulasi laporan sepekan, khususnya pagi dan malam hari, gunung kebanyakan tampak jelas. Siang sampai sore hari Gunung Dempo kebanyakan tidak tampak jelas, tertutup kabut terkadang diguyur hujan.

“Selama satu minggu lalu pesawat seismograf PS-2 tidak mencatat kegempaan, geothermal nihil, Low Frekuensi nihil, embusan nihil, dan tremor nihil,” jelasnya seraya menambahkan, dari hasil pengamatan secara visual dan seismik menyimpulkan, Merapi GAD saat ini statusnya aman.

Lanjutnya, dari hasil rekapitulasi laporan bulanan dapat disimpulkan sekaligus diinformasikan, bahwa kondisi Gunung Api Dempo (GAD) sementara ini aman, terutama untuk pendakian.

Baca Juga :   Serap Aspirasi Pedagang Guna Ketertiban Pasar

“Meski demikian diimbau kepada para pendaki diharapkan dapat menjaga kelestarian ekosistem alam, dengan tidak membuang sampah sembarangan dan bersama-sama menjaga alat pemancar seismograf di puncak Gunung Dempo, demi keselamatan masyarakat Pagaralam,” pungkasnya. (asn)







Publisher : Anton Wijaya

Lihat Juga

Hepy-Efsi Nyatakan Siap Maju Pilkada Pagaralam

Pagaralam, KoranSN Pasangan Bakal Calon (Balon) Walikota dan Wakil Walikota Pagaralam, Hepy Safriani, SKM MKes …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

    error: Content is protected !!