Deretan Manfaat Kesehatan Luar Biasa Buah Rambutan

buah rambutanRambutan adalah tanaman tropis yang tergolong dalam famili Sapindaceae atau lerak-lerakan. Buah yang berasal dari Asia Tenggara ini memiliki cita rasa yang manis dan sedikit asam.

Jika dibandingkan dengan buah-buahan lain, manfaat kesehatan rambutan tak bisa disepelekan. Tak percaya? Simak 10 di antaranya seperti dilansir dari laman List Ovative berikut ini.

Antikanker

Buah rambutan mengandung komponen anti-oksidan yang menurut studi di Universiti Kebangsaan Malaysia efektif melawan kanker. Kulit, biji dan daging buah rambutan telah terbukti efektif melawan berbagai jenis kanker.

Meningkatkan kualitas sperma

Vitamin C, salah satu nutrisi yang banyak terkandung di dalam buah rambutan sangat penting untuk pengembangan sperma. Sebagai informasi, kekurangan vitamin C pada pria dapat mengakibatkan kemampuan reproduksinya menurun.

Kondisi ini dapat diobati dengan meningkatkan asupan vitamin C menjadi 500 miligram selama sebulan. Vitamin C telah dikenal untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma.

Mengobati diabetes

Biji dari buah rambutan memiliki manfaat tersendiri, seperti meringankan rasa sakit yang dirasakan oleh pasien diabetes, terutama yang menderita kondisi tertentu yang dikenal sebagai diabetes mellitus.

Mengobati penyakit umum

Rambutan juga efektif dalam mengobati penyakit umum seperti sakit kepala, sariawan, dan disentri. Untuk meredakan sakit kepala, daun pohon rambutan yang telah dihaluskan dapat diaplikasikan pada dahi. Ini akan membantu menenangkan saraf dan mengurangi sakit kepala. Kulit pohon rambutan bahkan dapat digunakan untuk mengobati sariawan. Sedangkan akarnya bisa menjadi obat demam.

Baca Juga :   Lima Makanan Sehat untuk Alat Vital Pria

Membuang racun di ginjal

Manfaat kesehatan rambutan lainnya adalah membantu menghilangkan racun dan kotoran di ginjal. Ini dikarenakan kandungan fosfor yang hadir di dalam rambutan. Fosfor juga penting untuk pengembangan, perbaikan, dan pemeliharaan jaringan dan sel-sel tubuh.

Menghilangkan radikal bebas

Salah satu dari banyak senyawa yang terkandung di dalam kulit rambutan adalah asam Galia. Zat ini berfungsi sebagai predator untuk radikal bebas dan mampu melindungi tubuh dari kerusakan akibat oksidasi.

Meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah penyakit

Seperti yang telah disebutkan di atas, rambutan tinggi akan kandungan vitamin C. Secara teknis, jika Anda mengonsumsi 10 hingga 12 buah rambutan, Anda akan mendapatkan 75 sampai 90 miligram asam askorbat atau lebih dari dua kali lipat jumlah yang disarankan untuk dikonsumsi sehari-hari.

Manfaat utama dari vitamin C adalah meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah infeksi dengan membantu memperkuat mekanisme pertahanan tubuh. Vitamin C dalam hal ini berfungsi sebagai anti-oksidan yang membantu mencegah kerusakan sel dan mencegah berbagai macam penyakit seperti penyakit kudis.

Baca Juga :   Liverpool Tanpa Firmino Lawan Barcelona

Vitamin C juga membantu penyerapan mineral, besi dan tembaga. Selain itu, tubuh pun terlindungi dari radikal bebas.

Menyehatkan kulit

Rambutan membantu menghidrasi kulit dari dalam sehingga kulit pun menjadi lembut dan lentur. Ini disebabkan oleh kadar air yang tinggi pada rambutan.

Menguatkan tulang

Manfaat lain dari buah rambutan adalah memperkuat tulang. Hal ini disebabkan oleh kandungan kalsium, fosfor dan zat besi yang tinggi di dalamnya. Itu lantas mengurangi kemungkinan seseorang mengalami patah tulang dan penyakit tulang lainnya.

Meregenerasi sel darah merah dan putih

Dari sekian banyak nutrisi yang terkandung di dalamnya, tembaga menjadi salah satu yang sangat penting untuk produksi sel darah merah dan putih dalam tubuh. Buah rambutan juga mengandung mangan yang penting untuk produksi enzim dan aktivasi mereka. Enzim tersebut diperlukan untuk melaksanakan banyak fungsi dalam tubuh. (Viva.co.id)

Publisher : Anton Wijaya

Avatar

Lihat Juga

Dokter Paru: Pasien Sembuh COVID-19 Berisiko Alami Fibrosis

Jakarta, KoranSN – Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) menduga pasien COVID-19 yang telah sembuh dari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.