Desa Bawomataluo Berpotensi Jadi Warisan Dunia





Gedung PT Bukit Asam di Kota Sawahlunto, salah satu bangunan dan kawasan pertambangan batu bara di Indonesia yang telah tercatat sebagai cagar budaya warisan dunia oleh UNESCO. (Foto-Antaranews)

Jakarta, KoranSN

Desa Bawomataluo, Nias Selatan berpotensi menjadi warisan dunia UNESCO, pasalnya desa tersebut telah menjadi daftar sementara Warisan Dunia UNESCO sejak 2009, hal itu dikatakan Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadjamuddin Ramly.

“Desa Bawomataluo memiliki keunikan yang berbeda dari tempat-tempat lain oleh sebab itu desa tersebut bisa masuk menjadi daftar sementara Warisan Dunia UNESCO,” ujarnya saat dihubungi Jumat (9/8/2019 di Jakarta.

Baca Juga :   BPBD Evakuasi Warga Torue ke Tempat Aman Akibat Banjir Susulan

Dia menambahkan langkah-langkah yang harus disiapkan untuk menjadi warisan dunia yaitu pemerintah daerah harus menyiapkan dokumen dossier.

Untuk membuat dokumen dossier perlu dilakukan penelitian lebih lanjut agar narasi sebagai warisan dunia yang diajukan jelas.

Ada tiga syarat yang dimasukkan di dalam dokumen tersebut, pertama tentang keaslian situs, keutuhan situs dan nilai universal istimewa dari situs tersebut.

Jika dokumen itu telah disusun maka setiap bulan Februari, negara-negara yang ingin mengajukan wilayahnya sebagai warisan dunia dapat mengirimkan dokumen tersebut ke Komite Warisan Dunia.

Kemudian Komite Warisan Dunia akan melakukan peninjauan dan penilaian apakah tempat tersebut pantas dijadikan warisan dunia. Penilaian tersebut dilakukan melalui lembaga independen bernama ICOMOS.

Baca Juga :   Dua Desa di Kabupaten Kupang Diterjang Banjir

Menurut Nadjamuddin agar pemerintah daerah dapat menyusun dossier dengan baik maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menggelar pelatihan untuk menyusun dokumen tersebut.

Desa Bawomataluo yang dijuluki “Bukit Matahari” merupakan perkampungan yang masih dipenuhi rumah tradisional khas Nias beserta peninggalan megalitik.

Dia mengatakan, Bawomataluo merupakan karya kecerdasan masyarakatnya dalam berinteraksi dengan lingkungan serta reaksi atas kondisi sejarah yang mereka hadapi disaat itu. (Antara/ded)





Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Puluhan Rumah di Pedalaman Aceh Timur Terendam Banjir

Banda Aceh, KoranSN Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Timur menyatakan puluhan rumah di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!