Desa di OI Gelar Musyawarah Desa





Tampak suasana Musdes dalam tahapan perencanaan kegiatan pembangunan yang sedang berlangsung. (Foto-Herman/KoranSN)

Indralaya, KoranSN

Memasuki tahun anggaran 2019 seluruh desa di Kabupaten Ogan Ilir (OI) menggelar Musyawarah Desa (Musdes) dalam tahapan perencanaan kegiatan pembangunan. Seperti yang dilaksanakan Desa Pulau Semambu Kecamatan Indralaya Utara, bertempat di kantor desa setempat, Rabu (25/7/2018).

Dalam pelaksanaan Musdes yang diprakarsai oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan pendamping desa menggali gagasan dan usulan-usulan dari setiap masyarakat yang diwakilkan oleh Kepala Dusun dan RT masing-masing.

Dijelaskan Dewi, selaku pendamping desa setempat, aturan sekarang sudah berubah melalui surat Kemendagri nomor 20 tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa.

“Sekarang mengacu pada Kemendagri nomor 20 tahun 2018, misalnya diatur pelaksanan pembangunan fisik yang didanai dan melalui program yang sama baru bisa melakukan perehaban setelah lima tahun,” ujarnya.

Dijelaskan Dewi, setelah Musdes ini masuk proses Musrenbang, setelah perangkingan, usulan dari desa tersebut sudah bisa didanai.

“Setelah proses Musdes kami akan ke tahap Musrenbang untuk melakukan perencanaan pembangunan setelah mengetahui usulan perangkingan masing-masing dusun bisa didanai,” pungkasnya. (man)

Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Lubuklinggau Juara 1 Lomba Kreasi Jingle Galeri Pelangi

Surakarta, KoranSN Mewakili Provinsi Sumatera Selatan, Tim Kota Lubuklinggau raih juara pertama pada Lomba Kreasi …

error: Content is protected !!