Desa Dituntut Berinovasi





    Asisten Administrasi Umum Pemkab Muara Enim DR Ir H Abdul Nadjib MM buka Rapat Koordinasi Tim Inovasi Kabupaten Muara Enim. (foto-yudi/koransn)

Muara Enim, KoranSN

Bupati Muara Enim Ir H Ahmad Yani MM yang diwakilkan oleh Asisten Administrasi Umum DR Ir H Abdul Nadjib MM membuka Rapat Koordinasi Tim Inovasi Kabupaten Muara Enim yang digelar di Hotel Grand Zuri Muara Enim, Rabu (17/7/2019) sekitar pukul 09.00 wib.

Menurut Abdul Nadjib, program Inovasi Desa merupakan salah satu upaya Kementerian Desa, PPDT untuk meningkatkan kapasitas desa sesuai Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa dalam mengembangkan rencana dan melaksanakan pembangunan desa secara berkualitas agar dapat meningkatkan produktivitas rakyat dan kemandirian ekonomi serta mempersiapkan pemangunan sumber daya yang memiliki daya saing.

Langkah-langkah yang nyata kata Abdul Nadjib, salah satunya dengan pola inovasi kegiatan dalam investasi dana di desa dan kegiatan-kegiatan lain dalam pembangunan desa hal ini akan tumbuh dari inisiatif masyarakat dan atau Pemerintah Desa, maupun Kecamataan.

Dijelaskannya, investasi desa dalam rangka pembangunan perdesaan dan pemberdayaan masyarakat, secara umum dapat dikategorikan dalam tiga bidang meliputi infrastruktur dan pengembangan ekonomi lokal serta peningkatan kualitas SDM.

Melalui Rakor ia berharap tahap perencanaan dan penganggaran desa 2019, menyangkut pengesahan, masalah/kendala termasuk menyusun strategi repliksi inovasi desa dalam perencanaan dan penganggaran desa dapat direview dengan melibatkan semua peserta.

Baca Juga :   PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi Salurkan Bantuan Sembako Warga

Ia berpesan untuk memicu munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan secara partisipatif dan lebih efektif dalam menyusun penggunaan dana desa sebagai investasi dalam peningkatan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat sehingga desa-desa dalam mampu meningkatkan taraf perekonomian dan kesejahteraan desa dari kategori desa berkembang menjadi maju, dan bahkan bisa menjadi desa mandiri.

“Rapat Koordinasi ini dilaksanakan supaya kita semua mampu bekerja sama dan bahu membahu dalam membangun desa dalam Kabupaten Muara Enim, sehingga seluruh Desa menjadi desa makmur dan sejahtera,”ungkap Abdul Nadjib. (yud)







Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Pemkab Parimo: Jalan Trans Sulawesi Sudah Bisa Dilalui Pascabanjir

Palu, KoranSN Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah mengatakan akses jalan Trans Sulawesi sudah bisa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!