Desa Keman Baru Terlepas dari Ketertingalan

H Iskandar SE. (Foto-Maniso/Dok/Koransn)

Kayuagung, KoranSN

Desa Keman Baru Kecamatan Pampangan Kabupaten OKI merupakan salah satu desa yang menyandang status tertinggal di Kabupaten OKI. Desa ini merupakan pemekaran dari Desa Keman Kecamatan Pampangan pada tahun 2011 lalu.

Sejak digulirkannya program membangun OKI dari desa oleh Bupati OKI H Iskanda SE serta program dana desa, akhirnya desa ini terlepas dari status ketertinggalan.

Kini, jalan-jalan setapak cor beton mengelilingi desa. Bahkan tidak ditemui lagi jalan desa yang becek dan berlumpur di desa ini. Di pusat desa sudah berdiri gedung Sekolah Dasar (SD).

Baca Juga :   Pemkab Muara Enim Dukung Penyandang Disabilitas

Sebelumnya anak usia sekolah di desa ini harus naik sampan menyeberangi sungai untuk bersekolah di desa tetangga. Fasilitas layanan dasar di desa ini juga cukup lengkap. Sanitiasi, air bersih hingga balai desa.

“Tahun 2014 dan 2015 lalu, kami prioritas jalan cor desa, jalan-jalan pertanian dan air bersih,”kata Sarjana Pendamping Desa Alvin Zulkarnain kemarin. Alvin menambahkan, di tahun 2017 Kades membangun Gedung Serbaguna desa yang akhirnya akan menjadi aset dan dikelola BUMDes.

“Ya, jadi aset desa dan dikelola desa. Nanti warga yang menggunakan akan dikenakan biaya ringan yang selanjutnya akan masuk ke kas desa,”tutur Alvin.

Baca Juga :   Buronan Kasus Pembunuhan Diringkus Polisi

Bupati OKI H Iskandar SE terus berupaya memotivasi kepala desa (Kades) untuk membangun desa melalui dana desa yang diberikan pemerintah. “Paradigmanya adalah desa sentris. Desa membangun, maka bangsa ini akan terbangun,”ujar bupati singkat. (iso)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

Forum Pengusaha Orgen Tunggal di Empat Lawang Berharap Larangan Manggung Dicabut

Empat Lawang, KoranSN Para pengusaha orgen tunggal (OT) di Kabupaten Empat Lawang yang mengatas namakan …